Pengaruh Visual Merchandising, Hedonic Shopping Value, dan Price Discount terhadap Impulse Buying Produk Uniqlo di Indonesia
Abstract
Selama berlangsungnya kegiatan jual beli suatu barang atau produk, perilaku
konsumen merupakan salah satu variabel yang sulit diprediksi. Perilaku pembelian
tidak terencana berpotensi besar terjadi jika konsumen tidak terbiasa membuat daftar
belanjaannya, yang biasa disebut dengan Impulse Buying. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Visual Merchandising, Hedonic
Shopping Value, dan Price Discount terhadap Impulse Buying Produk Uniqlo di
Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksplanasi dengan
menggunakan jenis data kuantitatif. Populasinya adalah seluruh konsumen produk
Uniqlo di Indonesia dan sampelnya adalah beberapa responden yang berusia minimal
18 tahun dan pernah berkunjung dan berbelanja di Uniqlo dalam 6 bulan terakhir.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Visual Merchandising, Hedonic Shopping Value,
dan Price Discount berpengaruh signifikan terhadap Impulse Buying. Hal ini
menunjukkan bahwa semakin baik Visual Merchandising, Hedonic Shopping Value, dan
Price Discount maka semakin baik dalam membangun Impulse Buying.