Prosedur Pengnanganan Komplain Pengunjung di Jawa Timur Park 3 Kota Batu
Abstract
Prosedur penanganan komplain pengunjung adalah tahapan yang mengatasi ketidaknyamanan maupun ketidakpuasan yang dirasakan oleh pengunjung itu merupakan suatu bentuk pelayanan yang harus diterapkan agar pengunjung merasa nyaman. Setiap perusahaan pastinya mempunyai Standard Operating Procedure (SOP) begitu pula dengan perusahaan Jawa Timur Park 3. Dalam menangani komplain dari pengunjung Jawa Timur Park 3 memiliki Standard Operating Procedure (SOP) yang wajib dijalani sesuai dengan apa yang sudah ditentukan oleh perusahaan. Standard Operating Procedure (SOP) yang dijalankan oleh Jawa Timur Park 3 terdiri dari 2 jenis penangan komplain, yaitu secara langsung pada lokasi atau tempat terjadinya suatu ketidaknyamanan pengunjung dan dapat pula melalui Guest Relation Officer (GRO) & Informasi. Standard Operating Procedure (SOP) yang dilakukan oleh penulis di Jawa Timur Park 3 dalam menangani komplain pengunjung yaitu melalui Guest Relation Officer (GRO) & Informasi.