• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Computer Science
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Computer Science
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Analisis Perbandingan Performansi Metode Konversi Sensitivitas Aim Down Sights dalam Game First-Person Shooter

    Thumbnail
    View/Open
    Skripsi_Daffa_AfterEntryNilai.pdf (2.074Mb)
    Date
    2023-07-24
    Author
    MAFAZI, Daffa
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Permainan First-Person Shooter (FPS) merupakan genre game yang populer di Indonesia, namun banyak pemain yang mengalami kesulitan dalam menyesuaikan sensitivitas mouse pada mode Aim Down Sights (ADS). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbandingan performansi dari berbagai metode konversi sensitivitas ADS yang ada di internet, yaitu 360 Degrees, Visuomotor Gain, Rasio FoV, Viewspeed, Dynamic Monitor Distance, dan Jedi’s Mouse Trick. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan menggunakan aplikasi FirstPersonScience dan metode Fitts’ Law sebagai metode dasar penelitian ini. Subjek penelitian adalah 12 pemain Valorant yang berusia 19-24 tahun dengan sensitivitas mouse optimal. Berdasarkan pembahasan hasil analisis, dapat disimpulkan bahwa Rasio FoV yang saat ini digunakan pada game Valorant adalah metode konversi sensitivitas ADS yang paling efisien dalam rata-rata waktu penyelesaian tugas (0.744 detik) dan rata-rata indeks performansi (4.518 bits), namun kurang disukai oleh partisipan dalam hal kenyamanan bermain dengan menempati urutan ke-4 dengan rata-rata senilai 2.75 dalam asesmen kenyamanan. Metode Jedi’s Mouse Trick menunjukkan hasil yang lebih baik dalam analisis standar deviasi waktu penyelesaian tugas (0.148 detik), hitrate (93.8%), rata-rata jumlah submovement (1.774), efisiensi pergerakan mouse (75.8%) serta disukai oleh partisipan dalam hal kenyamanan bermain dengan rata-rata senilai 2.92. Di sisi lain, metode 360 Degrees memiliki performansi yang paling buruk dalam semua aspek analisis yang dilakukan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa Metode Jedi’s Mouse Trick merupakan metode yang optimal yang menempati urutan 3 teratas dalam keseluruhan aspek analisis yang telah dilakukan.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/122469
    Collections
    • UT-Faculty of Computer Science [1025]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository