• Login
    View Item 
    •   Home
    • MASTER THESES (Koleksi Tesis)
    • MT-Agroindustry
    • View Item
    •   Home
    • MASTER THESES (Koleksi Tesis)
    • MT-Agroindustry
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Prospek Pengembangan Agroindustri Cascara Moringa Berdasarkan Karakteristik Produk, Analisis Finansial, dan Model Bisnis Kanvas

    Thumbnail
    View/Open
    Tesis_Irfan_Arfa'i[1].pdf (1.290Mb)
    Date
    2023-07-13
    Author
    ARFA'I, Irfan
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Cascara merupakan minuman herbal yang berasal dari olahan kulit kopi yang dikeringkan. Cascara memiliki kandungan senyawa polifenol dan senyawa antioksidan. Salah satu upaya untuk meningkatkan mutu produk cascara adalah dengan mengkombinasikannya dengan daun kelor (Moringa oleifera L.). Senyawa yang terkandung dalam daun kelor adalah tanin, saponin, alkaloid, dan fenol. Penelitian ini dimulai dengan pembuatan produk menggunakan lima formula yaitu T0 (cascara 100% : moringa 0%), T1 (cascara 90% : moringa 10%), T2 (cascara 80% : moringa 20%), T3 (cascara 70% : moringa 30%), T4 (cascara 60% : moringa 40%). Analisa karakterisitik produk cascara moringa meliputi uji fisik, kimia, organoleptk, dan mikrobiologi. Tahap selajutnya yaitu analisis finansial meliputi Net Present Value (NPV), Net Benefit/Cost Ratio (Net B/C Ratio), Break Even Point (BEP), serta Pay Back Period (PBP). Tahap terakhir yaitu penerapan model bisnis kanvas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa formulasi terbaik produk cascara moringa diperoleh dari perlakuan T2 (cascara 80% : daun kelor 20%) yang memiliki penilaian terbaik dari panelis dari atribut warna (3,74) dan rasa (3,49), serta atribut aroma disukai nomor tiga (3,35). Adapaun nilai L* sebesar 28,536; nilai pH sebesar 5,16; kadar air sebesar 15,835%, total fenol sebesar 26,720 mg GEA/g, aktivitas antioksidan sebesar 51,452%, dan total mikroba sebesar 9,43 x 103 CFU/ml. Produk cascara moringa layak dijalankan berdasarkan analisis finansial dengan nilai NPV sebesar Rp.541.428.979, IRR 10%, B/C rasio 1,3, BEP 49.924 pouch, dan PBP 1,6 tahun. Customer segment meliputi pecinta minuman herbal, golongan milenial, golongan lansia, dan pengusaha coffee shop. Komponen channel meliputi online shop, coffee shop, dan apotek. Komponen customer relationship dilakukan dengan menyediakan layanan konsumen dengan memberikan potongan harga dan gratis ongkos kirim setiap pembelian 5 pcs.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/122341
    Collections
    • MT-Agroindustry [17]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository