Show simple item record

dc.contributor.authorCAHYANI, Devina Widya
dc.date.accessioned2024-07-12T07:40:32Z
dc.date.available2024-07-12T07:40:32Z
dc.date.issued2024-06-25
dc.identifier.nim200810201003en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/122168
dc.descriptionFinalisasi unggah file repositori tanggal 12 Juli 2024_Kurnadien_US
dc.description.abstractPariwisata menjadi salah satu sektor penting dalam perekonomian Indonesia yang terus menunjukkan potensi besar terutama pasca pandemi Covid19. Provinsi Jawa Timur menjadi salah satu fokus pengembangan wisata, salah satunya destinasi utama yaitu Gunung Bromo. Sebagai salah satu Destinasi Pariwisata Prioritas (DPP) Indonesia, Gunung Bromo berupaya meningkatkan daya saingnya melalui pengalaman wisata yang berkesan atau Memorable Tourism Experience (MTE). Penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan mengenai strategi efektif untuk mengembangkan destinasi wisata alam di Indonesia melalui peningkatan MTE, Atribut destinasi, dan Tourist Engagement. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh Atribut Destinasi dan Tourist Engagement secara langsung terhadap Minat Berkunjung Kembali serta pengaruh tidak langsungnya terhadap Minat Berkunjung Kembali melalui MTE. Penelitian ini merupakan jenis explanatory research dengan populasi yang digunakan adalah wisatawan se-Indonesia (domestik) yang pernah berkunjung ke Bromo. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu non-probability sampling dengan beberapa kriteria, didapatkan sejumlah 200 responden. Data yang diperoleh dianalis menggunakan metode Structural Equation Modeling-Partial Least Square (SEM-PLS) dengan software SmartPLS 3.0.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Atribut Destinasi dan MTE berpengaruh signifikan terhadap Minat Berkunjung Kembali, sedangkan Tourist Engagement tidak berpengaruh signifikan terhadap Minat Berkunjung Kembali. Selain itu, Atribut Destinasi dan Tourist Engagement berpengaruh signifikan terhadap MTE wisatawan. Hasil lainnya juga menunjukkan bahwa MTE mampu memediasi pengaruh Atribut Destinasi dan Tourist Engagement terhadap Minat Berkunjung Kembali.en_US
dc.description.sponsorship1. Gusti Ayu Wulandari, S.E., M.M. 2. Cempaka Paramita, S.E, M.Sc.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Ekonomi dan Bisnisen_US
dc.subjectMemorable Tourism Experienceen_US
dc.subjectDestination Attributesen_US
dc.subjectTourist Engagementen_US
dc.subjectRevisit Intentionen_US
dc.titlePeran Mediasi Memorable Tourism Experience Pada Pengaruh Atribut Destinasi dan Tourist Engagement Terhadap Minat Berkunjung Kembali Pada Wisata Gunung Bromoen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiS1 Manajemenen_US
dc.identifier.pembimbing1Gusti Ayu Wulandari, S.E., M.M.en_US
dc.identifier.pembimbing2Cempaka Paramita, S.E, M.Sc.en_US
dc.identifier.validatorTeddyen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record