Pengaruh Kualitas Layanan Mobile Banking Terhadap Kepuasan Nasabah Pada Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Pembantu Jember Balung
Abstract
Penelitian ini secara umum bertujuan untuk mengkaji pengaruh kualitas layanan mobile banking terhadap kepuasan nasabah pada perbankan syariah khususnya Bank Syariah Indonesia KCP Jember Balung. Penelitian dilakukan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode pengumpulan data yang diperoleh langsung dari penyebaran kuesioner melalui platform google formulir dengan sampel masuk sebanyak 102 responden. Penelitian ini menggunakan metode Non Probability Sampling dengan teknik Purposive Sampling. Hasil uji t pada penelitian ini menunjukkan bahwa variabel security/privacy (X1) tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan nasabah (Y), variabel practicity (X2) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan nasabah (Y), variabel design/aesthetics (X3) tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan nasabah (Y), variabel sociality (X4) tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan nasabah (Y), dan variabel enjoyment (X5) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan nasabah (Y). Sedangkan hasil uji F menunjukkan bahwa variabel security/privacy (X1), practicity (X2), design/aesthetics (X3), sociality (X4), dan enjoyment (X5) berpengaruh secara simultan terhadap variabel dependen yaitu kepuasan nasabah (Y).