Pengaruh Store Atmosphere, Kualitas Layanan terhadap Loyalitas melalui Kepuasan Konsumen pada Miniso Lippo Plaza Jember
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari store atmosphere
dan kualitas layanan terhadap loyalitas melalui kepuasan konsumen pada miniso
lippo plaza jember. Populasi dan sampel dalam penelitian iniadalah seluruh
konsumen miniso lippo plaza jember yang berjumlah 160 orang. Metode analisis
yang digunakan ialah metode analisis jalur (path analysis) dengan variabel bebas
yaitu store atmosphere dan kualitas layanan, variabel intervening yakni kepuasan
konsumen, serta variabel terikat yakni loyalitas. Data primer dalam penelitian ini
diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial variabel store
atmosphere berpengaruh positif signifikan terhadap variabel loyalitas, dan kualitas
layanan secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas.
Sedangkan kepuasan konsumen secara parsial berpengaruh positif dan signifikan
terhadap variabel loyalitas. Store atmosphere secara parsial berpengaruh signifikan
terhadap loyalitas melalui kepuasan konsumen, namun kualitas layanan secara
parsial berpengaruh signifikan terhadap loyalitas melalui kepuasan konsumen.