• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Computer Science
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Computer Science
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Analisis Sentimen Pengguna Twitter Terhadap Citra Merek Chat GPT Menggunakan Rule-based, Support Vector Machine, Lexicon-based

    Thumbnail
    View/Open
    REPO-watermark.pdf (1023.Kb)
    Date
    2024-01-22
    Author
    ABIDIN, Arham Zainul
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Sebuah chatbot berbasis kecerdasan buatan bernama ChatGPT cukup menuai kontroversi di beberapa media berita dikarenakan mampu menggantikan pekerjaan manusia terutama di bidang karya tulis. Sebagai teknologi baru, tentu saja ChatGPT tidak terlepas dari pro dan kontra. Pro dan kontra ini dapat menyebabkan masyarakat skeptis terhadap citra merek ChatGPT. Oleh karena itu, perlu dilakukan analisis sentimen secara spesifik yaitu pengguna Twitter berbahasa Indonesia yang berfokus pada citra merek ChatGPT. Metode klasifikasi yang digunakan pada penelitian ini adalah gabungan rule-based, Support Vector Machine, dan lexicon-based. Rule-based mengklasifikasi menggunakan emotikon dan secara komparatif, sedangkan lexicon-based mengklasifikasi menggunakan leksikon BabelSenticNet. Dataset didapatkan dengan crawling pada Twitter dan mendapatkan 2500 data, kemudian dilakukan cleansing sehingga menjadi 1728 data. Setelah hasil klasifikasi didapatkan, dilakukan evaluasi model dengan membandingkan performa antara model klasifikasi yang diajukan dengan model klasifikasi pembentuknya. Pada pembandingan performa tersebut, model klasifikasi yang diajukan lebih unggul dengan mendapat skor accuracy 86,3%, precision 87,1%, recall 86,5%, dan f-measure 86,6%. Setelah memprediksi 1728 data, didapatkan pembagian sentimen positif 739 data, sentimen negatif 385 data, dan sentimen netral 604 data. Dari hasil ini, dapat disimpulkan bahwa citra merek ChatGPT di Indonesia cenderung positif meskipun sebagian yang lain merasa kontra dan menilai secara objektif.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/121688
    Collections
    • UT-Faculty of Computer Science [1031]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository