dc.contributor.author | INDRIANTO, Virgiawan | |
dc.date.accessioned | 2024-06-19T01:16:24Z | |
dc.date.available | 2024-06-19T01:16:24Z | |
dc.date.issued | 2024-01-18 | |
dc.identifier.nim | 182410102016 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/121521 | |
dc.description.abstract | Perancangan Ulang UI/UX Aplikasi Sistem Informasi Pelayanan (SIP) Dispendukcapil Jember Menggunakan Metode User Centered Design, Virgiawan Indrianto, 182410102016; 40 Halaman; Program Studi Teknologi Informasi Fakultas Ilmu Komputer Universitas Jember.
E-Government adalah penggunaan teknologi oleh pemerintahan, khususnya aplikasi berbasis mobile dalam mengembangkan dan meningkatkan penyelenggaraan pelayanan publik pemerintahan berbasis elektoronik dengan memanfaatkan teknologi informasi. Aplikasi SIP (Sistem Informasi Pelayanan) adalah sebuah produk sistem layanan Dispendukcapil Jember secara semi online berbasis aplikasi website dan berbasis aplikasi android, dengan adanya aplikasi ini maka masyarakat tidak perlu datang ke kantor Dispendukcapil Jember jika ingin mengurus surat – surat kependudukan dan catatan sipil.
Observasi dilakukan dengan melakukan wawancara pra-penelitian terhadap Pemerintah Kabupaten Jember sebagai pihak pengembang dari SIP Dispenduk Jember. Berdasarkan wawancara pra-penelitian yang dilakukan dengan Developer aplikasi yaitu Mas Ifur, terdapat beberapa informasi penting yang disampaikan. Beliau mengutarakan bahwa SIP Dispenduk Jember yang sekarang dipergunakan oleh masyarakat Jember belum pernah dilakukan perancangan ulang, sehingga pihak pengembang belum mengetahui bagaimana respon pengguna terkait tampilan aplikasi SIP Dispenduk Jember.
Wawancara pra-penelitian terhadap 5 orang yang menggunakan Aplikasi SIP Dispenduk Jember yang merupakan mahasiswa (22 & 23 tahun), karyawan (29 tahun), pedagang (55 tahun), dan wiraswasta (35 tahun) ditemukan beberapa masalah yang dialami pengguna pada desain layout aplikasi, diantaranya pada bagian pengajuan layanan pengguna tidak tahu form mana saja yang harus diisi, di beberapa halaman teks terlalu kecil sehingga menyulitkan beberapa pengguna yang tergolong sudah berumur, sedangkan untuk bantuan, FAQ, dan IKM ada di menu kanan atas, pengguna merasa penempatan menu yang membingungkan, dan tampilan yang kurang minimalis.
Perancangan ulang UI dan UX merupakan tindakan yang dapat digunakan sebagai upaya untuk meningkatkan kenyamanan, kemudahan, dan pemahaman pengguna dalam menggunakan layanan SIP Dispendukcapil Jember. Pada penelitian ini, penulis memutuskan untuk melakukan perancangan ulang UI/UX menggunakan metode UCD pada SIP Dispendukcapil Jember guna untuk membantu developer SIP Dispendukcapil Jember dalam membuat UI dengan user experience yang baik. Peneliti melakukan evaluasi UI/UX pada SIP Dispendukcapil Jember dengan menggunakan UEQ.
Analisis terhadap pengalaman pengguna aplikasi SIP Dispendukcapil Jember dilaksanakan dengan membagikan kuesioner tentang pengalaman pengguna kepada 8 orang pengguna aplikasi tersebut. Hasil analisis menunjukkan skor untuk perspicuity adalah 0.56, dependability 0.34, efficiency 0.38, stimulation -0.16, attractiveness 0.04, dan novelty 0. Ini mengindikasikan bahwa pengalaman pengguna berada pada tingkat yang buruk atau 'Bad'. Sementara itu, hasil kuesioner pengalaman pengguna yang berkaitan dengan desain solusi menunjukkan skor attractiveness 1.77, perspicuity 1.97, efficiency 1.81, dependability 1.81, stimulation 1.94, dan novelty 1.94, yang menandakan bahwa evaluasi pengalaman pengguna berada pada level 'good'. | en_US |
dc.description.sponsorship | Anang Andrianto ST., MT
Yudha Alif Auliya S.Kom., M.Kom | en_US |
dc.language.iso | en | en_US |
dc.publisher | Ilmu Komputer | en_US |
dc.subject | User Interface, User Experience, User Centered Design, User Experience Questionnaire, Redesign, Jember Regency | en_US |
dc.title | Perancangan Ulang UI/UX Aplikasi Sistem Informasi Pelayanan (SIP) Dispendukcapil Jember Menggunakan Metode User Centered Design | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
dc.identifier.prodi | Teknologi Informasi | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Anang Andrianto S.T., M.T | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Yudha Alif Auliya S.Kom., M.Kom | en_US |
dc.identifier.validator | validasi_repo_ratna_juni_2024 | en_US |
dc.identifier.finalization | 0a67b73d_2024_06_tanggal 19 | en_US |