Pengaruh Loyalitas Suporter, Fanatisme Suporter, Teman Sebaya dan Perilaku Konsumtif terhadap Keputusan Pembelian Merchandise Jersey Klub Sepak Bola Eropa
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari Loyalitas Suporter,
Fanatisme Suporter, Teman Sebaya dan Perilaku Konsumtif terhadap Keputusan
Pembelian merchandise jersey klub sepak bola Eropa. Populasi dan sampel dalam
penelitian ini adalah seluruh penggemar klub sepak bola Eropa yang ada di
Indonesia dengan jumlah 210 responden. Metode analisis yang digunakan yaitu
metode analisis Partial Least Square (PLS) dengan variabel bebas yaitu Loyalitas
Suporter, Fanatisme Suporter, Teman Sebaya dan Perilaku Konsumtif serta
variabel terikat yaitu Keputusan Pembelian. Data primer dalam penelitian ini
diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner. Hasil penelitian ini menunjukkan
bahwa variabel Loyalitas Suporter berpengaruh positif signifikan terhadap
variabel Keputusan Pembelian, variabel Fanatisme Suporter berpengaruh positif
signifikan terhadap variabel Keputusan Pembelian, variabel Teman Sebaya
berpengaruh positif signifikan terhadap variabel Keputusan Pembelian dan
variabel Perilaku Konsumtif berpengaruh positif signifikan terhadap variabel
Keputusan Pembelian.