Show simple item record

dc.contributor.authorFAJARIANI, Christina Rizqi
dc.date.accessioned2024-06-13T01:39:33Z
dc.date.available2024-06-13T01:39:33Z
dc.date.issued2024-03-20
dc.identifier.nim200810201193en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/121413
dc.description.abstractPerkembangan internet yang pesat di Indonesia mencerminkan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi, terbukti dari data survei Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia 2023 mencatat penetrasi internet mencapai 215,63 juta orang pada periode 2022-2023. Hal ini telah mengubah cara individu berbelanja dengan meningkatnya perdagangan elektronik (e-commerce). Salah satu e-commerce yang bermunculan di Indonesia yaitu Shopee dengan kampanye promosi besar seperti "Shopee 9.9 Sale", berhasil mempertahankan posisi unggulnya dengan jumlah pengunjung terbanyak selama dua tahun terakhir. Fitur yang ditawarkan Shopee mendorong gaya hidup konsumen dan berdampak pada perubahan pola perilaku berbelanja yaitu cenderung menjadi lebih impulsif dan tidak terencana. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan membahas pengaruh shopping lifestyle dan flash sale melalui positive emotion terhadap impulse buying pada e-commerce Shopee. Penelitian ini menerapkan pendekatan explanatory research dengan populasi pengguna Shopee di seluruh Pulau Jawa. Purposive sampling digunakan untuk menentukan sampel dengan jumlah responden sebanyak 205 orang. Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif. Sumber data yang digunakan adalah data primer yang berasal dari pembagian kuesioner secara online melalui Google Form. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis Partial Least Square (PLS) dengan bantuan software SmartPLS 4.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) shopping lifestyle berpengaruh signifikan terhadap positive emotion; (2) flash sale berpengaruh signifikan terhadap positive emotion; (3) shopping lifestyle berpengaruh signifikan terhadap impulse buying; (4) flash sale berpengaruh signifikan terhadap impulse buying; (5) positive emotion berpengaruh signifikan terhadap impulse buying; (6) shopping lifestyle berpengaruh signifikan terhadap impulse buying melalui positive emotion; dan (7) flash sale berpengaruh signifikan terhadap impulse buying melalui positive emotionen_US
dc.description.sponsorshipPembimbing Utama Prof. Dr. Raden Andi Sularso, MSM. Pembimbing Anggota Abdul Muhsyi, S.Kom., MMSI.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Ekonomi dan Bisnisen_US
dc.subjectImpulse Buyingen_US
dc.subjectPositive Emotionen_US
dc.subjectFlash Saleen_US
dc.subjectShopping Lifestyleen_US
dc.titlePengaruh Shopping Lifestyle dan Flash Sale melalui Positive Emotion terhadap Impulse Buying pada ECommerce Shopeeen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiManajemenen_US
dc.identifier.pembimbing1Prof. Dr. Raden Andi Sularso, MSM.en_US
dc.identifier.pembimbing2Abdul Muhsyi, S.Kom., MMSI.en_US
dc.identifier.validatorKacung- 3 April 2024en_US
dc.identifier.finalization0a67b73d_2024_06_tanggal 13en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record