Penerapan Editing Non-Linier Sebagai Implementasi Interaksi Media Sosial Pada Program Talk Show Momen Bicara
Abstract
Televisi di era digital menciptakan berbagai tayangan inovatif dan menyediakan akses tontonan digital. Program Moment Bicara merupakan program televisi tugas akhir dengan format talkshow yang membawakan topik seputar kesehatan mental yang ditayangkan melalui saluran Youtube. Episode pertama program momen bicara mengangkat tema pelecehan seksual. Program televisi dengan format talkshow dapat mendekatkan pesan-pesan edukasi kepada pemirsanya. Program Moment Bicara diproduksi dengan cara tapping, sehingga pembicara dapat bercerita dengan tenang tanpa mengganggu pemotongan segmen. Program momen bicara yang dilakukan dengan cara tapping, akan disempurnakan melalui proses editing. Teknik editing yang digunakan dalam program momen bicara adalah editing non-linier. Program momen bicara menggunakan teknik editing non-linear untuk memfasilitasi interaktivitas penonton. Tujuan dibuatnya program momen bicara adalah untuk memberikan tontonan edukasi kepada penontonnya. Program momen bicara menerapkan teknik editing non-linier untuk menciptakan sebuah program televisi yang menarik. Program Momen Bicara dikemas dalam bentuk talkshow yang terdiri dari 3 segmen berdurasi 30 menit dengan pembagian durasi, 24 menit untuk isi acara dan 6 menit untuk jeda iklan. Program momen bicara memilih target audiens +13 R.BO yang telah disesuaikan dengan kebutuhan audiens. Proses pengerjaan program televisi momen bicara melalui serangkaian tahapan produksi, meliputi tahap praproduksi, produksi, dan pascaproduksi.