dc.contributor.author | FAJRIN, Emma | |
dc.date.accessioned | 2024-06-10T02:50:47Z | |
dc.date.available | 2024-06-10T02:50:47Z | |
dc.date.issued | 2024-05-08 | |
dc.identifier.nim | 181810101106 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/121242 | |
dc.description.abstract | Batik merupakan kain bergambar yang proses pembuatan secara khusus
dengan menuliskan atau menerapkan malam pada kain. Pointilis adalah teknik
lukisan di mana terbentuk dari titik kecil, titik-titik yang berbeda dari warna
diterapkan untuk membentuk sebuah gambar atau pola. Menurut Kudiya (2009)
Batik fraktal merupakan batik yang sentuhan desain corak dan ragam hiasnya
dibuat menggunakan rumus matematika dan dikerjakan dengan teknologi komputer.
Batik pointilis merupakan batik yang dibuat dengan melukis titik-titik hingga
membentuk sebuah motif tertentu pada sebuah kain. Batik pointilis biasanya
memiliki pola motif yang terkesan hampir mirip secara lukisan karena
pembentukannya yang menggunakan teknik melukis secara pointilis.
Penelitian ini akan menggunakan modifikasi aturan dan variasi rotasi chaos
game dalam pembentukan desain batik fraktal pointilisnya. Motif utama yang
disebut ornamen adalah bagian yang dimodelkan dari chaos game yang diterapkan
dan untuk motif selingan atau yang disebut dengan isen menggunakan motif batik
Gajah Oling khas Banyuwangi dan motif batik flora dari berbagai daerah.
Pembuatan desain batik menggunakan software MATLAB 2015b. Pembentukan
chaos game menggunakan rasio kompresi 𝑟 = 2 dengan variasi rotasi agar dapat
membentuk motif yang diinginkan. Tiga modifikasi yang akan digunakan
diantaranya, pertama titik yang berhadapan tidak boleh dipilih, titik sebelah kiri
tidak boleh dipilih, dan titik sebelah kanan tidak boleh dipilih. Misalkan diberikan
titik-titik acuan 𝐴1, 𝐴2, 𝐴3, dan 𝐴4, pada modifikasi 1 setelah pemilihan titik
pertama semisal 𝐴2 maka titik didepan 𝐴2 yaitu titik 𝐴4 tidak boleh dipilih, untuk
modifikasi 2 setelah pemilihan titik pertama semisal 𝐴4 maka titik disebelah kiri
dari 𝐴4 yaitu titik 𝐴1 tidak boleh dipilih, dan umtuk modifikasi 3 setelah pemilihan
titik pertama semisal 𝐴1 maka titik disebelah kanan 𝐴1 yaitu titik 𝐴2 tidak boleh dipilih. Proses iterasi tersebut berulang hingga mencapai jumlah iterasi yang
ditentukan.
Langkah yang dilakukan dalam simulasi program untuk mendapatkan hasil
desain batik fraktal pointilis adalah menentukan jarak (𝛼), sudut (𝜃), iterasi, dan
aturan chaos game pada radio button. Jarak adalah 1/𝑟, dengan 𝑟 rasio kompresi
yang telah ditentukan, yaitu 𝑟 = 2. Maka jarak yang akan terbentuk pada chaos
game adalah 1/2, yang artinya 𝛼 adalah setengah jarak titik sudut ke titik awal.
Sudut (𝜃) percobaan misalnya dilakukan pada nilai 𝜃 = 30°, menentukan motif isen
pada pop menu dan yang terakhir menentukan banyak iterasi yang diinginkan. Hasil
dari desain batik fraktal pointilis terdapat dua macam gambar pada batik yang
ditampilkan. Gambar pertama menunjukkan kumpulan titik-titik yang membentuk
sebuah pola tertentu dan gambar kedua merupakan motif batik yang telah diketahui
pada umumnya. Gambar pertama merupakan motif utama dalam batik fraktal
pointilis yang berfungsi sebagai motif ornamen sedangkan gambar kedua yang
berbentuk motif batik pada umumnya berfungsi sebagai motif selingan atau isen.
Motif ornamen dan isen memiliki kesesuaian dimana motif ornamen dan isen tidak
saling menumpuk satu sama lain. | en_US |
dc.description.sponsorship | Kosala Dwidja Purnomo, S.Si., M.Si.selaku Dosen Pembimbing Utama
Bagus Juliyanto, S.Si., M.Si. selaku Dosen Pembimbing Anggota. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam | en_US |
dc.subject | Desain Batik Fraktal Pointilis | en_US |
dc.subject | Variasi Rotasi Chaos Game | en_US |
dc.subject | Persegi | en_US |
dc.title | Desain Batik Fraktal Pointilis menggunakan Variasi Rotasi Chaos Game pada Persegi | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
dc.identifier.prodi | S-1 Matematika | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Kosala Dwidja Purnomo, S.Si., M.Si. | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Bagus Juliyanto, S.Si., M.Si. | en_US |
dc.identifier.validator | Kacung- 15 Mei 2024 | en_US |
dc.identifier.finalization | 0a67b73d_2024_06_tanggal 10 | en_US |