Show simple item record

dc.contributor.authorFAJRIN, Emma
dc.date.accessioned2024-06-10T02:50:47Z
dc.date.available2024-06-10T02:50:47Z
dc.date.issued2024-05-08
dc.identifier.nim181810101106en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/121242
dc.description.abstractBatik merupakan kain bergambar yang proses pembuatan secara khusus dengan menuliskan atau menerapkan malam pada kain. Pointilis adalah teknik lukisan di mana terbentuk dari titik kecil, titik-titik yang berbeda dari warna diterapkan untuk membentuk sebuah gambar atau pola. Menurut Kudiya (2009) Batik fraktal merupakan batik yang sentuhan desain corak dan ragam hiasnya dibuat menggunakan rumus matematika dan dikerjakan dengan teknologi komputer. Batik pointilis merupakan batik yang dibuat dengan melukis titik-titik hingga membentuk sebuah motif tertentu pada sebuah kain. Batik pointilis biasanya memiliki pola motif yang terkesan hampir mirip secara lukisan karena pembentukannya yang menggunakan teknik melukis secara pointilis. Penelitian ini akan menggunakan modifikasi aturan dan variasi rotasi chaos game dalam pembentukan desain batik fraktal pointilisnya. Motif utama yang disebut ornamen adalah bagian yang dimodelkan dari chaos game yang diterapkan dan untuk motif selingan atau yang disebut dengan isen menggunakan motif batik Gajah Oling khas Banyuwangi dan motif batik flora dari berbagai daerah. Pembuatan desain batik menggunakan software MATLAB 2015b. Pembentukan chaos game menggunakan rasio kompresi 𝑟 = 2 dengan variasi rotasi agar dapat membentuk motif yang diinginkan. Tiga modifikasi yang akan digunakan diantaranya, pertama titik yang berhadapan tidak boleh dipilih, titik sebelah kiri tidak boleh dipilih, dan titik sebelah kanan tidak boleh dipilih. Misalkan diberikan titik-titik acuan 𝐴1, 𝐴2, 𝐴3, dan 𝐴4, pada modifikasi 1 setelah pemilihan titik pertama semisal 𝐴2 maka titik didepan 𝐴2 yaitu titik 𝐴4 tidak boleh dipilih, untuk modifikasi 2 setelah pemilihan titik pertama semisal 𝐴4 maka titik disebelah kiri dari 𝐴4 yaitu titik 𝐴1 tidak boleh dipilih, dan umtuk modifikasi 3 setelah pemilihan titik pertama semisal 𝐴1 maka titik disebelah kanan 𝐴1 yaitu titik 𝐴2 tidak boleh dipilih. Proses iterasi tersebut berulang hingga mencapai jumlah iterasi yang ditentukan. Langkah yang dilakukan dalam simulasi program untuk mendapatkan hasil desain batik fraktal pointilis adalah menentukan jarak (𝛼), sudut (𝜃), iterasi, dan aturan chaos game pada radio button. Jarak adalah 1/𝑟, dengan 𝑟 rasio kompresi yang telah ditentukan, yaitu 𝑟 = 2. Maka jarak yang akan terbentuk pada chaos game adalah 1/2, yang artinya 𝛼 adalah setengah jarak titik sudut ke titik awal. Sudut (𝜃) percobaan misalnya dilakukan pada nilai 𝜃 = 30°, menentukan motif isen pada pop menu dan yang terakhir menentukan banyak iterasi yang diinginkan. Hasil dari desain batik fraktal pointilis terdapat dua macam gambar pada batik yang ditampilkan. Gambar pertama menunjukkan kumpulan titik-titik yang membentuk sebuah pola tertentu dan gambar kedua merupakan motif batik yang telah diketahui pada umumnya. Gambar pertama merupakan motif utama dalam batik fraktal pointilis yang berfungsi sebagai motif ornamen sedangkan gambar kedua yang berbentuk motif batik pada umumnya berfungsi sebagai motif selingan atau isen. Motif ornamen dan isen memiliki kesesuaian dimana motif ornamen dan isen tidak saling menumpuk satu sama lain.en_US
dc.description.sponsorshipKosala Dwidja Purnomo, S.Si., M.Si.selaku Dosen Pembimbing Utama Bagus Juliyanto, S.Si., M.Si. selaku Dosen Pembimbing Anggota.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alamen_US
dc.subjectDesain Batik Fraktal Pointilisen_US
dc.subjectVariasi Rotasi Chaos Gameen_US
dc.subjectPersegien_US
dc.titleDesain Batik Fraktal Pointilis menggunakan Variasi Rotasi Chaos Game pada Persegien_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiS-1 Matematikaen_US
dc.identifier.pembimbing1Kosala Dwidja Purnomo, S.Si., M.Si.en_US
dc.identifier.pembimbing2Bagus Juliyanto, S.Si., M.Si.en_US
dc.identifier.validatorKacung- 15 Mei 2024en_US
dc.identifier.finalization0a67b73d_2024_06_tanggal 10en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record