Peran dan Fungsi Humas dalam Event di Transmart Jember
Abstract
Perkembangan global seperti sekarang ini membuat segala pekerjaan menjadi lebih luas cakupannya dimana seorang pekerja atau praktisi yang awalnya menanggung satu pekerjaan di dalam bidangnya menjadi beberapa pekerjaan dengan tujuan untuk menunjang kelancaran pencapaian tujuan organisasi/perusahaan, salah satunya adalah pekerjaan administrasi di dalam perusahaan maupun di sebuah organisasi. Semua tugas pengelolaan dan administrasi yang ada di dalam sebuah organisasi seperti penjadwalan rapat, pembuatan dan pengarsipan surat, pembuatan dan pengarsipan laporan pertanggungjawaban, pembuatan sertifikat dan lain sebagainya bisa disebut sebagai kegiatan dari kesekretariatan (Wibawa, 2016:1). Seorang pekerja atau praktisi di bidang kesekretariatan tidak hanya melakukan pekerjaan administrasi saja, namun juga harus menguasai ilmu public speaking karena praktisi di bidang kesekretariatan ini juga diharuskan untuk pandai menyampaikan informasi melalui komunikasi dua arah, baik di dalam perusahaan maupun di luar perusahaan. Public speaking di dalam kesekretariatan pada umumnya dimiliki oleh praktisi humas atau public realtion pada perusahaan atau organisasi.
Public Relations atau dalam Bahasa Indonesia sering disebut sebagai hubungan masyarakat, memuat proses komunikasi dua arah yang sering terjadi pada perusahaan sebagai organisasi, baik komunikasi secara internal maupun eksternal dari organisasi tersebut. Menurut Nova (dalam Griswold, 2009:33), hubungan masyarakat adalah fungsi manajemen yang mengevaluasi sikap publik, mempelajari kebijakan dan prosedur individual atau organisasi sesuai dengan kepentingan publik, dan menjalankan program untuk mendapatkan pemahaman dan penerimaan publik. Aktivitas Public Relations harus selaras dengan tujuan perusahaan, terutama mengenai hal-hal yang ingin dicapai oleh manajemen dalam aktivitasnya. Public relations diharapkan dengan masyarakat dalam berbagai aktivitas bisa sama-sama memberikan informasi dengan tujuan bersama. Masyarakat yang memiliki latar belakang dari berbagai bentuk kebutuhan maka banyak timbul gejolak-gejolak atau persepsi dalam memandang dan menanggapi berbagai informasi. Public Relations erat kaitannya dengan segala bentuk aktivitas mengenai perusahaan, antara lain menjalin hubungan baik dengan media (media relations), membuat press release, cutomer relations, dan berkaitan dengan bidang kesekretariatan yaitu merencanakan serta mengorganisasikan event dimana event ini rutin dilaksanakan oleh perusahaan setiap bulan atau setiap tahunnya.