dc.contributor.advisor | | |
dc.contributor.advisor | | |
dc.contributor.author | ZAITURROHMAH, Lovida Sya'fani | |
dc.date.accessioned | 2024-06-05T02:57:21Z | |
dc.date.available | 2024-06-05T02:57:21Z | |
dc.date.issued | 2023-06-09 | |
dc.identifier.nim | 190810201051 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/120981 | |
dc.description | validasi_repo_firli_Desember_2023_6 | en_US |
dc.description.abstract | Belanja online saat ini tidak hanya bisa dilakukan di e-commerce saja, tetapi
juga bisa dilakukan melalui platform media sosial seperti aplikasi TikTok yang
memiliki fitur baru yaitu TikTok shopping live. Fenomena ini disebut dengan social
commerce. Dengan adanya kemudahan dalam berbelanja online tentunya akan
mendorong konsumen untuk berperilaku konsumtif dan mengakibatkan masyarakat
sering berbelanja dengan tidak direncanakan sebelumnya (impulse buying). Impulse
buying dapat disebabkan oleh faktor yang berasal dari pasar maupun konsumen itu
sendiri. Faktor yang berasal dari pasar misalnya promosi penjualan seperti price
discount, dan e-service quality yang diberikan oleh penjual. Sedangkan faktor yang
berasal dari diri konsumen sendiri misalnya shopping lifestyle.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis apakah price
discount, electronic service equality, dan shopping lifestyle berpengaruh terhadap
impulse buying produk fesyen pada pengguna TikTok shop live. Penelitian ini
merupakan penelitian explanatory research atau berbasis eksplanasi yaitu
penelitian yang menguji keterkaitan antar beberapa variabel melalui pengujian
hipotesis. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pengguna TikTok shop live
di Kabupaten Jember. Metode pengambilan sampel yang digunakan terdiri dari dua
tahap yang meliputi purposive sampling dan kombinasi purposive-convenience
sampling dengan jumlah sampel yang diperoleh yaitu 119 responden. Jenis data
yang digunakan pada penelitian ini adalah data kuantitatif. Sumber data dalam
penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dengan penyebaran kuesioner
online dengan menggunakan fasilitas tautan atau link google form yang disebar
melalui media sosial. Penelitian ini menggunakan metode analisis regresi linier
berganda yang diolah dengan bantuan software komputer berupa IBM SPSS
Statistics 26.
Hasil dari penelitian ini adalah variabel price discount, electronic service
quality, dan shopping lifestyle berpengaruh signifikan terhadap impulse buying.
Hasil uji hipotesis diperoleh nilai signifikan dari variabel price discount sebesar
0,041, lebih kecil dari nilai α yang telah ditentukan yaitu 0,05, variabel electronic
service quality sebesar 0,039 (0,039 < 0,05), serta variabel shopping lifestyle
sebesar 0,013 (0,013 < 0,05). Saran untuk peneliti selanjutnya adalah
menambahkan variabel independen lain seperti fashion involvement karena sesuai
dengan penelitian ini yaitu berfokus pada kategori produk fesyen, serta
menambahkan jumlah sampel penelitian. Selain itu, bagi perusahaan TikTok
diharapkan dapat terus mempertahankan faktor yang mempengaruhi shopping
lifestyle karena variabel tersebut merupakan variabel yang paling dominan dalam
mempengaruhi impulse buying. Serta bagi penjual di TikTok shop diharapkan dapat
memperhatikan faktor-faktor yang dapat menjadi daya tarik konsumen untuk
berbelanja. | en_US |
dc.description.sponsorship | Dosen Pembimbing Utama: Dr. Deasy Wulandari, S.E., M.Si.
Dosen Pembimbing Anggota: Dr. Hari Sukarno, M.M. | en_US |
dc.publisher | Fakultas Ekonomi dan Bisnis | en_US |
dc.subject | Price Discount | en_US |
dc.subject | Electronic Service Quality | en_US |
dc.subject | Shopping Lifestyle | en_US |
dc.subject | Impulse Buying | en_US |
dc.subject | Perilaku Konsumen | en_US |
dc.title | Pengaruh Price Discount, Electronic Service Quality, dan Shopping Lifestyle Terhadap Impulse Buying Produk Fesyen pada Pengguna Tiktok Shop Live di Kabupaten Jember | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
dc.identifier.prodi | S1 Manajemen | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Dr. Deasy Wulandari, S.E., M.Si. | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Dr. Hari Sukarno, M.M. | en_US |
dc.identifier.validator | validasi_repo_firli_Desember_2023_6 | en_US |
dc.identifier.finalization | 0a67b73d_2024_06_tanggal 05 | en_US |