Pelaksanaan Promosi Guna Meningkatkan Pelayanan Pada PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) Unit Layanan Pelanggan Jember Kota
Abstract
Perusahaan berupaya meningkatkan kualitas pelayanan yang diberikan kepada
masyarakat dengan kemajuan teknologi digital marketing sangat diperlukan perusahaan
untuk meningkatkan penjualan produk suatu merek. Sebagai perusahaan yang bergerak
dibidang jasa pelayanan tenaga listrik, PT. PLN (Persero) ULP Jember Kota terus
melakukan inovasi seiring dengan berkembangnya teknologi untuk memanfaatkan
peluang minat masyarakat atau konsumen terhadap jasa pelayanan tenaga listrik saat ini.
Adapun promosi yang dilakukan PT. PLN (Persero) ULP Jember Kota yaitu
menggunakan media sosial agar dapat menjangkau masyarakat lebih luas. Promosi
media sosial ini sangat dibutuhkan oleh perusahaan karena banyak pelanggan yang telah
menggunakan media sosial baik untuk bersosialisasi maupun mencari informasi. Serta
adanya peluruncuran aplikasi PLN Mobile pada tahun 2016 dan resmi dirilis oleh
Direksi PLN. Beberapa fitur dan kemudahan aplikasi PLN Mobile yaitu :
1. Kelistrikan
2. ListriQu
3. Internet
4. Electric Vehicle
5. Token dan Tagihan
6. Layanan Listrik
7. Pengaduan
8. Catat meter
9. Monitor Pemakaian listrik Pascabayar
10. Monitor Pembelian Token
11. Notifikasi Tagihan
12. Informasi Progres Penyelesaian Gangguan
13. Notifikasi Padam dan Pemeliharaan
Selama melaksanakan Praktik Kerja Nyata berlangsung mempelajari bagaimana
cara melakukukan promosi produk/layanan jasa melalui media sosial. Dalam kegiatan promosi PT. PLN (Persero) ULP Jember Kota menggunakan Instagram. Instagram
sebagai salah satu platform media sosial yang paling banyak diunduh oleh masyarakat,
memungkinkan penggunanya untuk mempublikasikan berbagai foto dan ragam
informasinya. Kegiatan pengelolaan media sosial sebagai media promosi yang
dilakukan yaitu :
1. Promosi Aplikasi PLN Mobile melalui Instagram
2. Memberikan informasi cara penggunaan Aplikasi PLN Mobile dan jadwal
pemadaman
3. Memberitahukan infromasi mengenai promo yang di adakan oleh PT. PLN (Persero)
4. Menanggapi komentar pada postingan Instagram PT. PLN (Persero) ULP Jember
Kota serta pembuatan konten mengenai seputar PLN