Prosedur Pemberian Pinjaman Kupedes pada Pt.Bank Rakyat Indonesia TBK. Kantor Unit Arjasa Cabang Jember
Abstract
5.1.1 Rincian Ringkas Pelaksaan Praktik Kerja Nyata
Berdasarkan hasil Praktik Kerja Nyata (PKN) yang dilaksanakan di PT.
Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Unit Arjasa Cabang Jember dari tanggal 13 Februari – 13 April 2023, dapat ditarik kesimpulan yaitu sebagai berikut:
a. Pelaksaan pemberian dan pencairan kredit Kupedes pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Unit Arjasa Cabang Jember:
b. Nasabah harus melakukan pendaftaran kredit Kupedes dengan memenuhi syarat yang telah ditetapkan oleh PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk.Unit Arjasa Cabang Jember. Apabila calon nasabah sudah memenuhi persyaratan di atas, maka langkah selanjutnya adalah mendatangi unit BRI setempat untuk pendaftaran kredit.
c. Selanjutnya, pemeriksaan calon nasabah atau yang biasanya disebut survei ini dilakukan oleh mantri secara langsung dengan wawancara dan mengunjungi empat tinggal calon nasabah. Pemeriksaan calon nasabah merupakan prosedur yang harus dilaksanakan untuk mengetahui bagaimanakarakter dan sifat dari calon nasabah.
d. Setelah melakukan pemeriksaan calon nasabah mantri akan melakukan analisa bagaimana Kemampuan membayar dari calon nasabah tersebut jikakredit tersebut terrealisasi.
e. kemudian, putusan kredit kupedes dilakukan oleh kepala unit yang akan menentukan calon nasabah menerima kredit dari bank atau tidak. Selain itupada saat putusan kredit ini kepala unit akan melihat hasil analisa dan putusan dari manti sebagai bahan pertimbangan putusan kredit yang akan dilakukan.
f. Sebelum proses pencairan kredit dilakukan, Customer service akan menghubungi calon nasabah yang permohonan kreditnya telah disetujui untuk menandatangani berkas-berkas kredit
Kegiatan yang dilakukan membantu pelaksaan pemberian pinjaman Kupedes di PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Unit Arjasa Cabang Jemberadalah sebagai berikut:
a. Membantu melakukan proses maintenance melalui aplikasi portal BRI
b. Membantu melakukan register atm (Authomatically Teller Machine)
c. Melakukan registrasi 35 DA (Dokumen dan Agunan)
d. Ikut serta dalam kegiatan survei nasabah untuk proses pengajuan pinjamanKupedes (Kredit Umum Pedesaan)
e. Membantu melakukan proses pengarsipan dokumen asuransi AMKKM(Asuransi Mikro Kecelakaan Kesehatan dan Meninggal dunia)
f. Membantu proses pencairan berkas Kupedes (Kredit Umum Pedesaan)
5.1.2 Kendala dan Hambatan Selama Praktik Kerja Nyata
Selama pelaksanaan Praktik Kerja Nyata di PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Unit Arjasa Cabang Jember sebagai berikut:
g. Perusahaan kurang mengoptimalkan mahasiswa kerja praktek (KP) agar menambah pengalaman kerja mahasiswa dan ketika perusahaan memberikan tugas yang memiliki tanggung jawab besar dan resiko tinggi kepada mahasiswa magang untuk diawasi, dibimbing dan diajarkan langkah-langkahnya.
h. Penulis mengalami kendala pada komputer karena komputer di PT. Bank RakyatIndonesia (Persero) Tbk. Unit Arjasa Cabang Jember terbatas. Jadi, penulis tidakmaksimal dalam melakukan tugas-tugas yang diberikan.