Pengaruh Customer Brand Relationship dan Social Influence NCT 127 terhadap Behavior Intention melalui Brand Tribalism dengan NCTzen di Indonesia
Abstract
Boyband korea saat ini menjadi salah satu wujud budaya K-pop yang tengah digemari di Indonesia. Jumlah penggemar yang terus bertambah menjadi peluang bagi boyband Korea Selatan untuk memperluas pasar mereka. NCT 127 merupakan salah satu boyband Korea Selatan yang saat ini memiliki penggemar yang cukup banyak di Indonesia memanfaatkan pasar mereka di Indonesia dengan melakukan penjualan album, merchandise, serta barang komersial yang berkaitan dengan NCT 127.
Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis pengaruh dari customer brand relationship dan social influence yang dimiliki NCT 127 terhadap behvaior intention melalui brand tribalism dengan NCTzen di Indonesia. Sampel yang akan digunakan dalam penelitian ini sejumlah 170 responden dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Penelitian akan dilakukan menggunakan data primer yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner secara online atau tidak langsung. Metode analisis data yang digunakan merupakan analisi Partial Least Square (PLS).
Hasil pada penelitian ini ialah customer brand relationship NCT 127 memiliki pengaruh secara langsung terhadap brand tribalism NCTzen di Indonesia, social influence tidak berpengaruh secara langsung terhadap brand tribalism NCTzen di Indonesia, brand tribalism berpengaruh secara langsung terhadap behavior intention, customer brand relationship berpengaruh secara tidak langsung terhadap behavior intention melalui brand tribalism, social influence NCT 127 berpengaruh secara langsung terhadao behavior intention NCTzen di Indonesia. social influence NCT 127 tidak berpengaruh secara tidak langsung terhadap behavior intention melalui brand tribalism NCTzen di Indonesia.