Tindak Tutur Direktif Guru kepada Murid dalam Pembelajaran di Kelas V SDN Sabrang, Desa Sabrang, Kecamatan Ambulu, Kabupaten Jember.
Abstract
Penelitian ini meneliti tentang tindak tutur direktif guru pada saat proses pembelajaran berlangsung. Subjek dalam penelitian ini adalah guru yang mengajar di kelas V SDN Sabrang 02. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik SBLC (Simak Bebas Libat Cakap). Metod yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tindak tutur direktif yang digunakan guru kepada muridnya pada kelas V terdiri dari tindak tutur berikut: direktif permintaan, direktif pertanyaan, direktif perintah, direktif larangan, direktif pemberian izin, dan direktif nasihat. Efek penggunaan tindak tutur direktif terhadap murid dikarenakan adanya beberapa faktor, yaitu faktor penutur dan lawan tutur, faktor kontek tuturan penutur kepada mitra tutur, dan tujuan tuturan yang bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran murid-murid pada saat guru menuturkan suatu tuturan direktif. Selama pembelajaran, guru selain menggunakan bahasa Indonesisa juga menggunakan bahasa Jawa, tuturan yang dilakukan secara implisit dan eksplisit.