Strategi Pengembangan Pariwisata Ijen Geopark Kabupaten Bondowoso Untuk Meningkatkan Kondisi Sosial Ekonomi Masyarakat Sekitar Wisata
Abstract
Keberadaan Ijen Geopark sebagai anggota UNESCO Global Geopark menjadikan
Ijen Geopark sebagai salah satu prioritas pemerintah dalam pengembangan
pariwisata. Pengembangan pariwisata Ijen Geopark perlu melakukan upaya atau
rangkaian guna mewujudkan keserasian antara penggunaan berbagai sumberdaya
yang ada di sektor pariwisata agar kondisi kepariwisataan di suatu daerah mampu
memberikan manfaat sosial ekonomi bagi masyarakat yang ada di sekitar objek
wisata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pengembangan pariwisata
Ijen Geopark Kabupaten Bondowoso untuk meningkatkan sosial ekonomi masyarakat
dalam pengembangan pariwisata berkelanjutan. Penelitan ini merupakan jenis
penelitian deskriptif kualitataif kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian
ini adalah purposive sampling. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian
ini adalah analisis MACTOR (Matrix of Alliances and Conflicts: Tactics, Objectives
and Recommendations). Hasil penelitian ini diperoleh bahwa aktor Disparpora
memiliki peranan tinggi dengan ketergantungan yang tinggi yang berarti aktor
Disparpora merupakan aktor utama yang sangat mempengaruhi pengembangan
pariwisata, kemudian terdapat aktor wisatawan, tokoh masyarakat, perguruan tinggi
yang memiliki peranan tinggi dengan ketergantungan rendah yang artinya aktor ini
bisa mempengaruhi pengembangan pariwisata namun tidak memiliki akses secara
langsung untuk mengembangkan pariwisata. Oleh karena itu diperoleh strategi:
kerjasama dan koordinasi, publikasi dan promosi, mengembangkan kelompok usaha
masyarakat, perbaikan sarana dan prasarana serta melakukan inovasi produk hasil
alam berupa cinderamata.