• Login
    View Item 
    •   Home
    • MASTER THESES (Koleksi Tesis)
    • MT-Sciences of Health
    • View Item
    •   Home
    • MASTER THESES (Koleksi Tesis)
    • MT-Sciences of Health
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Analisis Perspektif Tenaga Kesehatan terhadap Kualitas Pelayanan Pasca Akreditasi Menuju Primary Health Service Quality Improvement

    Thumbnail
    View/Open
    Tugas Akhir Repository Unej Faizatun Nikmah.pdf (3.396Mb)
    Date
    2024-01-24
    Author
    NIKMAH, Faizatun
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Akreditasi merupakan salah satu cara Puskesmas dalam melakukan perbaikan dan peningkatan kualitas pelayanan secara berkesinambungan. Tenaga kesehatan merupakan komponen utama dalam memberikan pelayanan kesehatan di Puskesmas, namun tenaga kesehatan belum merasakan dampak akreditasi terhadap kualitas pelayanan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis perspektif tenaga kesehatan terhadap kualitas pelayanan kesehatan di 44 Puskesmas di Kabupaten Jember setelah pelaksanaan akreditasi menggunakan kriteria Malcom Baldrige. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif analitik dengan 330 orang responden tenaga kesehatan. Data diambil menggunakan kuesioner dan dianalisis dengan menggunakan SEM-PLS. Pemilihan sampel penelitian dengan menggunakan teknik multistage sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel eksogen kepemimpinan, perencanaan strategis, sumber daya manusia, fokus pelanggan, proses manajemen, keterlibatan staf, dan manfaat akreditasi mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap variabel endogen kualitas layanan dengan p-value 0.000<0,05. Variabel eksogen status akreditasi tidak berhubungan dengan kualitas pelayanan dengan p-valuae >0,05. Variabel eksogen yang paling dominan berpengaruh terhadap kualitas pelayanan kesehatan Puskesmas di Kabupaten Jember adalah proses manajemen. Akan tetapi, variabel eksogen yang paling dominan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan adalah sumber daya manusia. Puskesmas disarankan untuk menerapkan standar akreditasi untuk meningkatkan kualitas pelayanan, perbaikan sistem pelayanan, peningkatan fasilitas dan sarana prasarana di puskesmas, serta tenaga kesehatan meningkatkan kompetensi dengan mengikuti pelatihan dan perlu mempertahankan kualitas dengan melaksanakan pelayanan sesuai standar yang telah ditetapkan sebagai bentuk dari peningkatan kualitas berkelanjutan.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/119975
    Collections
    • MT-Sciences of Health [128]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository