Pengembangan Tes Literasi Tema Pertanian Tembakau Puger Jember Untuk Mengukur Kemampuan Literasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Atas
Abstract
Kemampuan literasi matematis menuntut seseorang untuk memahami, menganalisis,
menginterpretasikan, mengevaluasi, dan mensintesis pengetahuan yang didapatkan dari masalah
yang di hadapi memodelkan menjadi solusi yang tepat dalam menyelesaikan suatu masalah secara
efektif. Perlunya pengembangan soal sesuai dengan permasalahan sehari-hari oleh siswa dapat
membiasakan siswa berliterasi matematis. Penelitian mengembangkan soal tes literasi matematis
tema pertanian tembakau di daerah Puger Jember untuk mengukur kemampuan literasi matematis
siswa pada jenjang SMA. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development
(R&D) mengggunakan model Thiagarajan yang dimodifikasi menjadi tiga tahapan yaitu
pendefinisian, perencanaan, dan pengembangan. Hasil uji coba lapangan dianalisis dengan
perangkat lunak Ministep dengan pemodelan rasch menggunakan metode Partial Credit Model
(PCM). Diperoleh hasil sepuluh soal yang dikembangkan dapat dikatakan fit, dengan reliabititas
139 interaksi antara siswa dan butir soal kualitasnya masih buruk, 75 siswa interaksi antara siswa
dan butir soal kualitasnya baik. Item reability dari soal literasi yang dikembangkan sebesar 0,80 pada
75 sampel pertama 0,95 pada 75 sampel selanjutnya dan 0,89 pada 64 sampel terakhir menunjukkan
soal yang dikembangkan bagus dan mampu mengukur kemampuan peserta didik dengan baik.