Profil Kesalahan Konstruksi Konsep Matematika dalam Menyelesaikan Masalah Pola Bilangan Bernuansa Pertanian Berdasarkan Teori APOS
Abstract
Pemahaman konsep matematika masih belum sepenuhnya tertanam dalam skema siswa, hal ini berarti terjadi kesalahan dalam mengkonstruksi konsep tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan keadaan sebenarnya mengenai kesalahan konstruksi semu yang terjadi pada tahapan APOS (Aksi, Proses, Objek, dan Skema). Penelitian ini melibatkan 28 siswa kelas VIII A SMPN 2 Silo Jember sebagai subjek melalui tes pemecahan masalah untuk mendapatkan informasi komprehensif tentang kesalahan yang terjadi. Kemudian dengan teknik purposive sampling dan snowball sampling, dipilih dua subjek untuk dieksplorasi secara mendalam melalui wawancara. Validasi data dijamin melalui proses member check. Analisis data meliputi kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitiannya adalah terjadi kesalahan konstruksi konsep matematika pada setiap tahapan APOS yang mengakibatkan konsep tidak terkonstruksi secara utuh dalam skema siswa. Sebagai rekomendasi, perlu dikembangkan model pembelajaran matematika berbasis teori APOS untuk meminimalkan kesalahan agar konsep-konsep dapat terkonstruksi dengan baik dan lengkap dalam skema siswa.