dc.contributor.author | ALFARIZI, Calvin | |
dc.date.accessioned | 2024-02-02T06:25:15Z | |
dc.date.available | 2024-02-02T06:25:15Z | |
dc.date.issued | 2024-01-23 | |
dc.identifier.nim | 182410102061 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/119830 | |
dc.description.abstract | PT. Maju Jaya Sejahtera Plywood Industry terdapat permasalahan mengenai
proses pencatatan data penjualan dan proses pemesanan yang dilakukan masih
dirasa kurang efektif dan efisien. Pada proses pencatatan penjualan yang dilakukan
oleh administrator masih dilakukan secara manual sering menyebabkan
permasalahan seperti, kesulitan menyampaikan stok produk terbaru kepada
pelanggan, kesalahan pencatatan data pemesanan, serta kesulitan dalam
memberikan perkembangan informasi ketika pemesanan produk berlangsung
karena administrator harus mengecek kembali dokumen pemesanan satu persatu.
Hal tersebut menyebabkan administrator membutuhkan waktu yang lama dalam
proses pengecekan dokumen pemesanan dan pembuatan rekap penjualan.
Selanjutnya customer juga mengalami beberapa permasalahan saat melakukan
pemesanan seperti, memerlukan waktu yang lama dalam proses pemesanan produk
yang ingin dipesan karena informasi yang didapatkan melalui telepon dan email.
Proses pembayaran yang dilakukan masih kurang optimal karena tidak dapat
diketahui sistem pembayaran apa saja yang digunakan oleh pelanggan dalam
melakukan pembayaran produk. Selain itu, pelanggan tidak bisa mengetahui terkait
perkembangan saat pengiriman produk yang telah dipesan.
Design thinking merupakan metode desain yang menggunakan pendekatan
berbasis solusi untuk memecahkan masalah. Dalam prosesnya, metode ini
menggunakan pendekatan berdasarkan pengguna yang ditujukan untuk dapat
memahami kebutuhan serta permasalahan pengguna. Metode design thinking
digunakan dalam merancang UI/UX aplikasi penjualan plywood karena pada fase
empathize memberikan kesempatan untuk mendapatkan pemahaman empati dari
administrator dan customer. Dengan berempati terhadap target user, dapat
membantu peneliti untuk memahami permasalahan, behavior, dan kebutuhan dengan lebih dalam. Sehingga dapat menciptakan sebuah desain yang sesuai
kebutuhan pengguna, mempunyai pengalaman dan fungsionalitas yang baik, serta
mudah digunakan oleh pengguna.
Hasil dari penelitian ini, setelah dilakukan pengujian dengan menggunakan
metode System Usability Scale (SUS) didapatkan hasil dengan total skor 73
diperoleh kategori acceptability ranges tinggi, grade scale dengan kategori C yang
sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan pengguna, dan adjective ratings dengan
hasil excellent. Dapat dikatakan bahwa aplikasi penjualan plywood untuk
administrator mempunyai tingkat aspek satisfaction yang cukup baik. Serta hasil
perhitungan skor SUS dari 6 customer, dengan total skor 83 diperoleh kategori
acceptability ranges tinggi, grade scale dengan kategori B yang berarti sudah
memenuhi kebutuhan pengguna, dan adjective ratings dengan hasil excellent.
Sehingga dapat dikatakan bahwa aplikasi penjualan plywood untuk customer
mempunyai tingkat aspek satisfaction yang tinggi dan baik. Dari skor yang
diperoleh setelah melakukan pengujian, menunjukkan bahwa Penerapan Design
Thinking Dalam Merancang UI/UX Aplikasi Penjualan Plywood Pada PT. Maju
Jaya Sejahtera Plywood Industry sudah berhasil serta dapat memenuhi kebutuhan
pengguna. | en_US |
dc.description.sponsorship | Anang Andrianto,ST., MT
Yudha Alif Auliya S.Kom, M.Kom | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Ilmu Komputer | en_US |
dc.subject | perancangan | en_US |
dc.subject | user interface | en_US |
dc.subject | user experience | en_US |
dc.subject | design thinking | en_US |
dc.subject | system usability scale | en_US |
dc.title | Penerapan Design Thinking Dalam Merancang UI/UX Aplikasi Penjualan Plywood Pada PT. MAJU Jaya Sejahtera Plywood Industry | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
dc.identifier.prodi | Teknologi Informasi | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Anang Andrianto,ST., MT | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Yudha Alif Auliya S.Kom, M.Kom | en_US |
dc.identifier.validator | Teddy | en_US |
dc.identifier.finalization | Teddy | en_US |