Analisis Strategi Pengembangan UMKM Di Kabupaten Jember
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pengembangan UMKM di
Kabupaten Jember dan potensi pengembangan UMKM di Kabupaten Jember
dilihat dari aspek Kinerja Keuangan (omset dan aset), Segmentasi Pasar (aspek
lokasi) dan Strategi Pasar (jenis kegiatan). Dalam penelitian ini menggunakan
teori Michel Porter tentang Teori Industri. Metode penelitian yang digunakan
adalah metode kualitatif dengan menggunakan data primer atau langsung
menyebar kuesioner kepada responden dengan menggunakan Purposive random
sampling dengan alat pengolahan data menggunakan Analisis SWOT. Hasil dari
penelitian semua UMKM di Kabupaten Jember mempunyai potensi
pengembangan tentunya dengan memanfaat keunggalan yang sudah dimiliki
seperti keunggulan Kinerja Keuangan, memahami Segmentasi Pasar yang
dihadapi dan memanfaatkan Strategi Pasar yang ada. Dengan UMKM bisa
memanfaatkan semua keunggulan yang dimiliki akan menjadikan usaha tersebut
semakin maju dan memiliki keuntungan yang maksimal.