Show simple item record

dc.contributor.authorADAWIYAH, Rabi'ah Al
dc.date.accessioned2024-01-18T04:34:34Z
dc.date.available2024-01-18T04:34:34Z
dc.date.issued2023-06-23
dc.identifier.nim160110401052en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/119527
dc.description.abstractPenelitian ini mengkaji tentang penerapan strategi dan upaya apa saja yang dilakukan produser dalam menyusun dan mengembangkan program berita Kuthane Dhewe. Produser Kuthane Dhewe berperan penuh dalam tindakannya mempertahankan program ini dan menerapkan ide-ide yang efektif dalam menjaga kualitas tayangannya. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan strategi kreatif dan upaya yang dilakukan produser dalam mempertahankan proram berita Kuthane Dhewe di Kompas TV Jawa Tengah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analitik dengan pendekatan kualitatif. Data analisis menggunakan teori agenda setting milik Maxwell McCombs dan Donald L. Shaw; serta elemen strategi kreatif milik Naratama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam tahap pelaksanaan produksi, produser Kuthane Dhewe telah mengikuti SOP yang ada, yakni praproduksi, produksi dan pascaproduksi. Seluruh tahapan tersebut tak lepas dari peran produser yang terlibat secara langsung dan menyeluruh. Pada prosesnya, teknik agenda setting diterapkan pada program ini dengan melakukan penyortiran berita yang akan ditayangkan berupa keunikan isu yang diangkat dan ketepatan waktu penayangan konten program. Selain agenda setting, Kuthane Dhewe juga menerapkan 13 elemen strategi kreatif menurut Naratama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hadirnya Kuthane Dhewe Senenan merupakan salah satu bentuk upaya dan inovasi dari produser yang di dalamnya meliputi 12 elemen dari ke-13 elemen strategi kreatif yang ada (kecuali interactive program), namun lebih menekankan pada bahasa naskah, format acara, punching line, gimmick, penataan artistik, dan fashion.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Ilmu Budayaen_US
dc.subjectPRODUSERen_US
dc.subjectSTRATEGI KREATIFen_US
dc.subjectAGENDA SETTINGen_US
dc.titleStrategi Kreatif Produser dalam Mempertahankan Program Berita Kuthane Dhewe di Kompas TV Jawa Tengahen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiProgram Studi Televisi dan Filmen_US
dc.identifier.pembimbing1Denny Antyo Hartanto, S.Sn., M.Sn.en_US
dc.identifier.pembimbing2Muhammad Zamroni, S.Sn., M.Sn.en_US
dc.identifier.validatorvalidasi_repo_iswahyudi_Januari_2024_5en_US
dc.identifier.finalization9e233c2f-2024-01-18_idaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record