PENGARUH PENERAPAN TRANSPARANSI, AKUNTABILITAS, DAN RESPONSIBILITAS TERHADAP EFEKTIVITAS PENGELOLAAN DANA BANTUAN OPERASIOANAL SEKOLAH (BOS) (Studi Empiris Tingkat Sekolah Dasar di Kecamatan Siliragung Kabupaten Banyuwangi)
Abstract
Pendidikan merupakan suatu hal yang penting, karena pendidikan merupakan awal terbentuknya suatu bangsa. Seharusnya, setiap masyarakat berhak mendapatkan pendidikan. Melalui Program Bantuan Operasional Sekolah (BOS), pemerintah mengeluarkan peraturan baru untuk membantu pelaksanaan pembentukan Sistem Pendidikan Nasional, salah satu permasalahannya adalah pembiayaan sekolah. Penerapan tata kelola yang baik yang memiliki prinsip transparansi, akuntabilitas, tanggung jawab, independensi dan keadilan pada setiap program diyakini akan mencapai tingkat efektivitas yang cukup baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh transparansi, akuntabilitas dan tanggung jawab terhadap efektivitas pengelolaan dana BOS (Bantuan Operasional Sekolah) pada tingkat sekolah dasar di Kecamatan Siliragung Kabupaten Banyuwangi. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan analisis linier berganda. Metode pengumpulan datanya adalah dengan menyebarkan kuesioner kepada responden dengan kriteria tertentu. Sampel dari penelitian yang memenuhi kriteria yang ditentukan sebanyak 78 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji validitas data, uji reliabilitas data, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis. Hasil pengujian dengan menggunakan aplikasi SPSS 25 menunjukkan bahwa penerapan transparansi dan tanggung jawab berpengaruh terhadap efektivitas pengelolaan dana BOS. Namun penerapan akuntabilitas tidak mempengaruhi efektivitas pengelolaan dana BOS.