Show simple item record

dc.contributor.authorULUM, Mohammad Syafi’ul
dc.date.accessioned2023-12-04T23:10:58Z
dc.date.available2023-12-04T23:10:58Z
dc.date.issued2023-07-25
dc.identifier.nim182410103041en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/118950
dc.descriptionFinalisasi oleh Taufik Tgl.5 Desember 2023en_US
dc.description.abstractPemilihan umum (Pemilu) merupakan momen penting dalam sistem demokrasi di mana opini publik memiliki peran penting dalam mempengaruhi hasil pemilihan. Dalam era digital seperti sekarang, platform media sosial menjadi saluran populer bagi opini publik untuk menyampaikan pandangan mereka tentang kandidat Presiden dan Wakil Presiden. Salah satu media sosial yang sedang banyak digunakan oleh masyarakat saat ini yaitu aplikasi TikTok. Aplikasi ini secara resmi dirilis pada tahun 2016 oleh Zhang Yiming yang berasal dari China. Aplikasi ini juga sekarang menjadi aplikasi yang sangat populer di kalangan masyarakat semenjak pandemi Covid19. Komentar atau opini publik yang ada pada aplikasi TikTok merupakan sumber informasi yang dapat digunakan untuk analisis sentimen terhadap suatu individu bahkan institusi, seperti melihat pendapat seseorang terhadap politisi yang akan mecalonkan diri sebagai calon Presiden Indonesia pada tahun 2024 mendatang. Hal ini dapat meningkatkan kemampuan masyarakat untuk mengetahui pandangan politik dari pengguna media sosial TikTok. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil analisis sentimen serta nilai akurasi komentar publik terhadap kandidat Presiden dan Wakil Presiden Indonesia jelang Pemilu 2024 menggunakan metode Logistic Regression. Dari hasil analisis menggunakan tujuh kali percobaan. Hasil akhir diperoleh nilai akurasi tertinggi pada percobaan yang menggunakan 80% data training dan 20% data testing dengan nilai akurasi sebesar 77%. Kemudian Anies Baswedan mendominasi pada sentimen positif dan Puan Maharani mendominasi pada sentimen negatif.en_US
dc.description.sponsorshipOktalia Juwita S.Kom., M.MT. Nova El Maidah, S.Si., M.Csen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Ilmu Komputeren_US
dc.subjectANALISIS SENTIMENen_US
dc.subjectAPLIKASI TIKTOKen_US
dc.subjectPEMILUen_US
dc.titleAnalisis Sentimen Opini Publik Terhadap Kandidat Presiden dan Wakil Presiden Indonesia Jelang Pemilu 2024 di Aplikasi Tiktok Menggunakan Metode Logistic Regressionen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiInformatikaen_US
dc.identifier.pembimbing1Oktalia Juwita S.Kom., M.MTen_US
dc.identifier.pembimbing2Nova El Maidah, S.Si., M.Csen_US
dc.identifier.validatorvalidasi_repo_ratna_Oktober_2023_12en_US
dc.identifier.finalizationTaufiken_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record