dc.contributor.author | PRATAMA, Eggy Yudha | |
dc.date.accessioned | 2023-12-04T06:17:18Z | |
dc.date.available | 2023-12-04T06:17:18Z | |
dc.date.issued | 2023-06-22 | |
dc.identifier.nim | 162410101104 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/118889 | |
dc.description | validasi_repo_firli_oktober_2023_19
Finalisasi unggah file repositori tanggal 4 Desember 2023_Kurnadi | en_US |
dc.description.abstract | Aplikasi mobile saat ini sangat berguna bagi pengguna dalam berbagai hal,
seperti memesan akomodasi dan tiket transportasi. Aplikasi traveloka merupakan
salah satu aplikasi mobile di Indonesia untuk pemesanan hotel dan tiket perjalanan,
dengan lebih dari 50.000.000 unduhan per Januari 2022. Pengguna Traveloka
memberikan rating yang buruk di Google Play Store karena adanya masalah seperti
masalah pengembalian dana, pengaturan ulang jadwal keberangkatan, sistem
pembayaran traveloka, dan masalah lainnya. Hal ini mengurangi kepuasan dan
kepercayaan pengguna terhadap aplikasi, yang dapat menyebabkan konsumen
meninggalkan traveloka dan berpindah ke aplikasi lain yang sebanding.
Penelitian ini menganalisa pengaruh kepuasan pengguna (e-satisfaction)
dan kepercayaan (e-trust) terhadap loyalitas pengguna (e-loyalty) pada aplikasi
traveloka dengan menggunakan metode Partial Least Square Structural Equation
Modeling (PLS-SEM). Dalam penelitian ini, metode Partial Least Squares
Structural Equation Modeling (PLS-SEM) digunakan untuk mengevaluasi
hubungan antar variabel laten. Karena metode PLS dapat digunakan pada data yang
tidak terdistribusi secara teratur. Dengan kata lain, teknik PLS-SEM dapat
digunakan pada data dengan jumlah sampel yang kecil.
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa variabel e-satisfaction
berpengaruh positif dan signifikan terhadap e-loyalty. Sedangkan terdapat
hubungan yang positif dan signifikan antara variabel e-trust dengan e-loyalty.
Rekomendasi yang dapat diberikan berdasarkan temuan dari penelitian ini adalah
berinovasi dengan teknologi terkini, meningkatkan komunikasi dengan pelanggan,
dan menawarkan program loyalitas dan penghargaan kepada pengguna traveloka. | en_US |
dc.description.sponsorship | Dosen Pembimbing utama : Oktalia Juwita, S.Kom, M.MT.
Dosen Pembimbing anggota : Yudha Alif Auliya, S.Kom., M.Kom. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Ilmu Komputer | en_US |
dc.subject | Kepuasaan Pengguna Aplikasi | en_US |
dc.subject | Structural Equation Modeling | en_US |
dc.subject | Partial Least Square | en_US |
dc.subject | Mobile Apps | en_US |
dc.title | Analisis Pengaruh E-Satisfaction dan E-Trust Terhadap E-Loyalty pada Aplikasi Traveloka Menggunakan Metode Partial Least Square Structural Equation Modeling (PlsSem) | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
dc.identifier.prodi | Sistem Informasi | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Oktalia Juwita, S.Kom, M.MT. | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Yudha Alif Auliya, S.Kom, M.Kom. | en_US |
dc.identifier.validator | validasi_repo_firli_oktober_2023_19 | en_US |