Analisis Kinerja Rumah Sakit dengan Metode Balanced Scorecard (Studi pada RSUD Ir. Soekarno Sukoharjo)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui kinerja dari RSUD Ir. Soekarno dengan menggunakan metode Balanced Scorecard. Dengan metode tersebut akan memberikan pemahaman tertkait kinerja rumah sakit secara menyeluruh melalui empat perspektif dari Balanced Scorecard. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari wawancara yang dilakukan peneliti kepada para pelanggan untuk mengukur kepuasan pelanggan. Data sekunder yang digunakan berasal dari laporan dan data-data yang telah diolah oleh RSUD Ir. Soekarno Sukoharjo dalam kurun waktu tahun 2020-2022. Dalam analisis ini peneliti melakukan pemahaman atas apa yang terjadi di RSUD Ir. Soekarno. Pengukuran kinerja dilakukan dengan indikator yang telah disesuaikan dengan visi dan misi dari rumah sakit dan mengelompokkannya berdasarkan perspektif dalam Balanced Scorecard. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara keseluruhan kinerja dari RSUD Ir. Soekarno sudah baik walaupun masih terdapat beberapa capaian kinerja yang belum mencapai target yang telah ditentukan. Saran yang diberikan untuk RSUD Ir. Soekarno adalah untuk kedepannya dapat memaksimalkan kinerja pada masing-masing bagian, meningkatkan capaian kinerja perspektif proses bisnis internal yaitu Bed Occupancy Ratio (BOR) dengan mengoptimalkan pemasaran agar kunjungan mengalami peningkatan, dan meningkatkan capaian perspektif pertumbuhan dan pembelajaran yaitu persentase karyawan yang mendapatkan pelatihan 20 jam setahun untuk melakukan pemerataan pegawai yang dikirim ke pelatihan atau seminar.