Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Pengguna E-Learning Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS) Studi Kasus : SMAN 1 Talun Blitar
Abstract
E-Learning adalah suatu cara belajar mengajar yang mendukung tersampaikannya bahan ajar kepada siswa dengan memanfaatkan media internet. E-Learning berfungsi sebagai wadah untuk menyebarkan materi dan pengerjaan tugas oleh siswa. Hal tersebut dapat mengurangi penggunaan kertas dan mencegah terlambatnya penyampaian materi kepada siswa. Dengan adanya E-Learning, kegiatan belajar mengajar menjadi lebih mudah.SMAN 1 Talun merupakan salah satu SMA negeri di Kabupaten Blitar. Penggunaan E-Learning di SMAN 1 Talun sendiri sudah ada sejak tahun 2019 sebelum pandemi. Berdasarkan wawancara dengan operator SMAN 1 Talun, E-Learning sudah berjalan dengan baik. Namun, terkadang masih terdapat beberapa kendala dalam penggunaan E-Learning, yaitu waktu loading lama ketika login dan terkadang masih terjadi error.
Selain wawancara dengan operator, peneliti juga melakukan pra penelitian dengan menyebarkan kuesioner kepada beberapa siswa. Hasil yang didapatkan dari 25 responden, menyatakan bahwa E-Learning sangat sering digunakan dan para siswa memberikan respon positif serta cenderung merasa puas dengan adanya E-Learning. Meskipun para siswa cenderung merasa puas, namun terdapat beberapa kendala yang dialami oleh para siswa yaitu E-Learning terlambat merespon ketika menerima perintah, tidak adanya notifikasi apabila ada tugas, sistem error dan terkadang ketika mengerjakan ulangan loadingnya terlalu lama.Berdasarkan alasan tersebut pihak sekolah perlu untuk mengetahui faktor apa saja yang membuat para pengguna merasa puas terhadap E-Learning, hal tersebut berguna sebagai pertimbangan dalam meningkatkan kepuasan pengguna pada E-Learning SMAN 1 Talun. Dalam penelitian ini, kepuasan pengguna diukur dengan menggunakan metode EUCS (End User Computing Satisfaction). Metode EUCS memiliki 5 variabel yaitu content, accuracy, format, ease of use dan timeliness. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling dengan penentuan jumlah sampelnya menggunakan rumus slovin, sehingga didapatkan hasil 265 responden yang diambil dari siswa kelas XI dan XII SMAN 1 Talun Tahun Ajaran 2022/2023. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pengguna, serta memberikan rekomendasi untuk mempertahankan dan meningkatkan kepuasan pengguna E-Learning SMAN 1 Talun.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor- faktor yang berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pengguna E-Learning SMAN 1 Talun dengan menggunakan metode End User Computing Satisfaction, yaitu faktor content, faktor accuracy, faktor format, faktor ease of use dan faktor timeliness. Karena berdasarkan hasil uji hipotesis menunjukan bahwa semua hipotesis diterima. Rekomendasi yang dapat diberikan kepada pihak SMAN 1 Talun berdasarkan hasil analisis yaitu, untuk faktor content, format dan ease of use diharapkan tetap menjaga dan mempertahankan kualitas E-Learning. Sedangkan faktor accuracy dan timeliness diharapkan untuk meningkatkan kualitas dari E-Learning SMAN 1 Talun agar pengguna tetap merasa puas dalam menggunakan E-Learning SMAN 1 Talun.