dc.contributor.author | ARAFAH, Rezqy Ayu Devi | |
dc.date.accessioned | 2023-10-16T08:49:39Z | |
dc.date.available | 2023-10-16T08:49:39Z | |
dc.date.issued | 2023-06-13 | |
dc.date.submitted | | |
dc.identifier.nim | 210220101016 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/118305 | |
dc.description | validasi_repo_firli_agustus_2023_16
Finalisasi unggah file repositori tanggal 16 Oktober 2023_Kurnadi | en_US |
dc.description.abstract | Disposisi berpikir kritis merupakan hal yang paling penting dalam proses
pemecahan masalah khususnya pada matematika (Kholid, 2021; Uyun & Fuat,
2020). Analyticity menjadi komponen yang penting dalam tahapan pemecahan
masalah, hal ini didukung oleh pendapat Maharani dkk., (2019) bahwa analyticity
mengukur bagaimana penalaran seseorang dalam mengantisipasi potensi kesulitan
dalam memecahkan masalah. Menurut Fitriani dkk., (2018) analyticity penting
untuk dipelajari lebih dalam dan diintegrasikan ke dalam proses pembelajaran di
kelas. Upaya untuk mengakomodasi dalam rangka membiasakan dan
meningkatkan analyticity dibutuhkan sebuah pembelajaran yang terencana dengan
penggunaan sebuah pembelajaran. Hal yang sangat penting dalam pelaksanaan
pembelajaran adalah penggunaan perangkat pembelajaran, sehingga proses belajar
dapat berjalan dengan baik sesuai desain yang telah dirancang (Salim dkk., 2021).
Adanya perangkat pembelajaran matematika model Problem Based Learning
(PBL) dapat membiasakan dan meningkatkan analyticity siswa.
Penelitian ini memiliki tujuan: 1) mendeskripsikan proses pengembangan
perangkat pembelajaran matematika dengan menggunakan model Problem Based
Learning (PBL) untuk meningkatkan kemampuan analyticity siswa pada materi
aritmatika sosial; 2) mendeskripsikan hasil pengembangan perangkat
pembelajaran matematika dengan menggunakan model Problem Based Learning
(PBL) untuk meningkatkan kemampuan analyticity siswa pada materi aritmatika
sosial yang valid, praktis dan efektif. Proses pengembangan menggunakan model
4D yang telah dimodifikasi. Observasi, tes dan angket digunakan sebagai teknik
pengumpulan data. Hasil dari uji coba di kelas VIIA menyatakan bahwa perangkat
pembelajaran valid, praktis dan efektif dengan koefisien kevalidan modul ajar,
LKPD, paket tes dan buku petunjuk penggunaan berturut-turut adalah 3,73; 3,91;
3,88 dan 3,79 dari skor maksimal 4,00, hasil observasi keterlaksanaan perangkat
pembelajaran adalah 3,41 yang memasuki kategori tinggi, persentase ketuntasan
klaksikal sebesar 86,2%, banyaknya siswa yang berada pada kategori N-Gain
minimal sedang adalah 96,5%, perilaku analyticity siswa baik dan respon siswa
positif.
Perangkat pembelajaran yang telah dinyatakan valid, praktis dan efektif
diujicobakan pada kelas VIIB sebagai kelas eksperimen untuk melihat pengaruh
yang signifikan impementasi perangkat pembelajaran matematika model PBL
terhadap peningkatan analyticity siswa, dengan kelas kontrol yakni kelas VIIC.
Berdasarkan uji Independent Sample t-test pada hasil post-test kelas eksperimen
dan kelas kontrol menunjukkan nilai Sig. (2-tailed) = 0,000 (sig. < 0,05) yang
berarti bahwa terdapat pengaruh yang signifikan implementasi perangkat
pembelajaran matematika model PBL terhadap analyticity siswa. Di samping itu,
diperoleh dari nilai N-Gain kelas eksperimen sebesar 0,71 dan kelas kontrol
sebesar 0,43 yang menunjukkan bahwa kemampuan peningkatan analyticity di
kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kemampuan analyticity di
kelas kontrol, serta berdasarkan uji Independent Sample t-test pada hasil N-Gain
kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh nilai Sig. (2-tailed) = 0,000 (sig. <
0,05) yang berarti bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari implementasi
perangkat pembelajaran matematika model Problem Based Learning (PBL)
terhadap peningkatan analyticity siswa.
Perangkat pembelajaran disebarluaskan secara offline dan online. Secara
offline, penyebaran dilakukan dengan membagikan perangkat pembelajaran
berupa hard file pada SMP Negeri 1 Rogojampi dan SMP Negeri 2 Rogojampi.
Adapun penyebaran secara online melalui sosial media yaitu Instagram, Youtube
dan Facebook dengan memberikan tautan Google Drive sehingga perangkat
pembelajaran bisa diakses oleh guru yang lain. Berikut tautan yang dapat diakses
adalah unej.id/PerangkatPBLAnalyticity | en_US |
dc.description.sponsorship | Dosen Pembimbing utama : Dr. Dian Kurniati S.Pd., M.Pd.,
Dosen Pembimbing anggota : Dr. Nurcholif Diah Sri Lestari, S.Pd., M.Pd. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | en_US |
dc.subject | ARITMATIKA SOSIAL | en_US |
dc.subject | MODEL PROBLEM BASED LEARNING | en_US |
dc.subject | PERANGKAT PEMBELJARAN | en_US |
dc.title | Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Analyticity Siswa pada Materi Aritmatika Sosial | en_US |
dc.type | Tesis | en_US |
dc.identifier.prodi | Magister Pendidikan Matematika | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Dr. Dian Kurniati, S.Pd., M.Pd. | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Dr. Nurcholif Diah Sri Lestari, S.Pd., M.Pd. | en_US |
dc.identifier.validator | validasi_repo_firli_agustus_2023_16 | en_US |