Show simple item record

dc.contributor.authorTETUKO, Bagas
dc.date.accessioned2023-10-10T00:04:17Z
dc.date.available2023-10-10T00:04:17Z
dc.date.issued2023-01-11
dc.identifier.nim182410102021en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/118204
dc.descriptionFinalisasi oleh Taufik Tgl 10 Oktober 2023en_US
dc.description.abstractAnalisis Emosi Menggunakan Metode Support Vector Machine (Studi Kasus : Teks Komentar Video Rewind Indonesia 2021 Di YouTube). Oleh Bagas Tetuko dengan NIM 182410102021 yang terdiri dari 75 halaman dari Fakultas Ilmu Komputer Universitas Jember. Youtube rewind Indonesia, diluncurkan untuk merayakan epidemik yang terdapat didalam media sosial yang viral selama satu tahun, adalah sebuah acara kolaborasi untuk pembuat konten yang lagi hangat maupun viral dalam setahun. Video rewind Indonesia 2021 dapat disaksikan melalui channel Indonesian Youtubers. Sebelumnya video youtube rewind Indonesia melakukan unggahan pertama kali dalam channel milik Eka Gustiwana. Youtube rewind Indonesia tidak melakukan berkolaborasi yakni inisiatif sendiri yakni pengguna media sosial atau pembuat konten dimana video tersebut menjadi viral maupun booming . Penelitian ini bertujuan melakukan analisis emosi pada komentar youtube Rewind Indonesia 2021 untuk mengetahui emosi komentar pro dan kontra dari viewers sebagai bahan evaluasi content creator video indonesia rewind kedepannya. Penelitian analisis emosi memanfaatkan salah satu metode dalam text mining, yakni metode support vector machine. Penelitian ini diawali dengan melakukan scraping data komentar pada Youtube Rewind Indonesia 2021. Kemudian dilanjutkan dengan melakukan pelabelan data, melakukan tahap preprocessing, pembobotan kata, penyusnan model svm, dan melakukan evaluasi hasil. Hasil dari penelitian ini yaitu Berdasarkan hasil analisis emosi didapatkan bahwa uji analisis emosi dari komentar yang mengandung emosi bahagia didapatkan sebanyak 85 komentar, komentar yang mengandung emosi marah didapatkan sebanyak 5 komentar, komentar yang mengandung emosi sedih didapatkan sebanyak 7 komentar, komentar yang mengandung emosi jijik didapatkan sebanyak 1 komentar, komentar yang mengandung emosi terkejut didapatkan sebanyak 2 komentar dan komentar yang mengandung emosi takut didapatkan sebanyak 0 komentar. Sehingga dari hasil uji analisis emosi tersebut rata - rata komentar yang dituliskan mengandung emosi bahagiaen_US
dc.description.sponsorshipOktalia Juwita S.Kom., M.MT Priza Pandunata S.Kom., M.Scen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Ilmu Komputeren_US
dc.subjectKOMENTARen_US
dc.subjectSVMen_US
dc.subjectANALISIS EMOSIen_US
dc.titleAnalisis Emosi Menggunakan Metode Support Vector Machine (Study Kasus: Teks Komentar Video Rewind Indonesia 2021 di YouTube)en_US
dc.title.alternativeEmotion Analysis Using The Suport Vector Machine Method (Case Study: Video Comment Text Rewind Indonesia 2021 on YouTube)en_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiTeknologi Informasien_US
dc.identifier.pembimbing1Oktalia Juwita S.Kom., M.MTen_US
dc.identifier.pembimbing2Priza Pandunata S.Kom., M.Scen_US
dc.identifier.validatorTaufiken_US
dc.identifier.finalizationTaufiken_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record