Penerapan Design Thinking pada Perancangan UI/UX Aplikasi Pemasaran Perumahan Berbasis Web (Studi Kasus : Rich Village)
Abstract
Rich Village merupakan perumahan yang memiliki desain rumah minimalis di jember. Permasalahan Rich Village membutuhkan biaya yang besar dan jangkauan konsumen yang terbatas dalam memasarkan produk. Maka dibangunlah aplikasi pemasaran berbasis web karena dapat menjawab permasalahan tersebut dan dapat diakses dengan cepat tanpa mengharuskan konsumen untuk mendownload aplikasi tersebut. Namun, perhatian harus diberikan pada keberadaan UI/UX dan penerapan metode Design Thinking. Aplikasi ini bertujuan untuk membantu pelanggan melakukan proses pemesanan unit rumah secara online. Aplikasi ini memiliki 2 pengguna, pelanggan dan admin. Pengujian menggunakan metode kuesioner user experience, sisi pelanggan mendapatkan 4 skala kategori sangat baik dan 2 skala kategori baik. Rata-rata pada skala Daya Tarik adalah 2,333; Skala kejelasan adalah 1,840; skala Efisiensi sebesar 1,926; skala Ketergantungan adalah 1,734; Skala stimulasi adalah 2,080; Skala kebaruan adalah 1,564. Cognitive walkthrough testing didapatkan rata-rata nilai usability pada sisi pelanggan adalah 76 dengan total 14 skenario tugas dan rata-rata nilai usability pada sisi admin adalah 80 dengan total 10 skenario tugas. Kemudian mengimplementasikan desain ke frontend menggunakan Javascript, HTML, dan CSS dengan Visual Studio Code.