Analisis Daya Saing Ekspor Kopi di Indonesia
Abstract
Keterbukaan ekonomi di setiap negara mendorong bangsa menjalankan pemasaran global dengan alasan: pertama, tiap bangsa memiliki sumber daya yang berbeda, kedua setiap negara mempunyai capaian untuk menstabilkan perekonomiannya. Bidang pertanian memiliki peran pokok dalam meningkatkan perekonomian Indonesia, salah satunya termasuk di bidang perkebunan, dimana sektor perkebunan memiliki peran mendorong dalam memperkuat cadangan devisa. Kopi adalah salah satu komoditas terpenting untuk sub bidang perkebunan Indonesia yang mempunyai nilai ekonomis cukup tinggi di antara tanaman perkebunan yang lain. Dalam penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh harga jual dan nilai tukar terhadap jumlah ekspor komoditas kopi di Indonesia. Metode yang digunakan yakni ordenary least square (OLS). Hasil menunjukkan bahwa harga jual memberikan pengaruh yang signifikan terhadap jumlah ekspor kopi dan besaran nilai tukar tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap jumlah ekspor komoditas kopi di Indonesia. Sosialisai dan pelatihan terhadap pengelolaan pertanian dan kebun kopi di Indonesia harus lebih ditingkat kembali. Faktor pemberian insentif subsidi pupuk dan turunannya akan berdampak langsung pada harga jual kopi Indonesia. Diharapkan pemerintah menjaga kondisi sosial politik yang berkelanjutan dan memberikan kemudahan untuk para petani dan pekebun mendaptkan edukasi dan literasi baik pemasaran, keuangan dan varietas unggul jenis kopi Indonesia.