Show simple item record

dc.contributor.authorARIEF, Bagastian
dc.date.accessioned2023-10-02T03:49:40Z
dc.date.available2023-10-02T03:49:40Z
dc.date.issued2023-06-19
dc.identifier.nim181910701029en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/118080
dc.descriptionFinalisasi unggah file repositori tanggal 2 Oktober 2023_Kurnadien_US
dc.description.abstractIndonesia merupakan negara dengan banyak kepulauan atau disebut negara maritim, tentunya sistem transportasi laut menjadi unsur terpenting guna sebagai sarana mobilitas yang efektif, efisien, dan aman. Kapal laut adalah salah satu jenis moda transportasi antar pulau untuk mengangkut barang atau penumpang dari suatu tempat ke tempat lain. Jalur pelayaran Ketapang – Gilimanuk merupakan sarana transportasi penghubung Pulau Jawa dengan Pulau Bali dengan jarak 2,3 nautical mile. Banyak dijumpai bahwasanya kapal yang berlayar di Selat Bali bukan kapal spesifik yang beroperasi di kondisi perairan disana. Kondisi perairan yang disebut adalah batimetri atau kedalaman laut, data batimetri befrungsi sebagai penunjang bahwa sarat air kapal disesuaikan dengan kedalaman laut. Ironisnya banyak kecelakaan kapal di daerah pelayaran tersebut, seperti terbalik karena kelebihan muatan jadi kapal tidak stabil, kapal kandas dikarenakan sarat air tidak memenuhi, kebakaran karena sistem fire plan tidak memenuhi syarat SOLAS (Safety of Life at Sea) dan masih banyak lagi. Berdasarkan hal tersebut penulis melakukan penelitian tentang desain kapal yang optimal di daerah pelayaran Ketapang – Gilimanuk. Ukuran utama pada kapal ini meliputi, length between perpendicular (Lpp) 51 meter, breadth (B) 9 meter, height (H) 3,5 meter, draught 2,5 meter, dan speed (Vs) 16,5 knot. Peneliti melakukan 2 tahapan analisis yaitu analisis hambatan (resistance) dan analisis stabilitas, kedua tahapan analisis ini menggunakan software khusus pengujian hambatan dan stabilitas. Analisis hambatan menggunakan metode holltrop (monohull), kecepatan dinas 16,5 knot dan dengan efisiensi 62%, diperoleh nilai holltrop power sebesar 2.488,212 kW dan holltrop resistance sebesar 181,7 kN.Analisis kedua yaitu analisis stabilitas dengan mengacu regulasi Intact Stability (IS) Code Reg. III/3.1. Analisis ini dilakukan 3 variasi kondisi pemuatan (loadcase), yaitu bahan bakar penuh, penumpang penuh dan jumlah penumpang penuh. Hasil dari analisis stabilitas untuk loadcase (1), nilai dari e 0o – 30o sebesar 6,1529 m.deg, e 0o – 40o sebesar 10,3461 m.deg, e 30o – 40o sebesar 4,1932 m.deg, GZ 30o sebesar 0,445 meter, Ѳ Max sebesar 31,8 deg, GMo sebesar 0,631 meter, pass crowd sebesar 2,7 deg, turning angle 1,6 deg. Hasil dari analisis stabilitas untuk loadcase (2), nilai dari e 0o – 30o sebesar 16,9299 m.deg, e 0o – 40o sebesar 28,4166 e 30o – 40o sebesar 11,4866 m.deg, GZ 30o sebesar 1,169 meter, Ѳ Max sebesar 37,3 deg, GMo sebesar 2,065 meter, pass crowd sebesar 0,3 deg, turning angle 0,4 deg. Hasil dari analisis stabilitas untuk loadcase (3), nilai dari e 0o – 30o sebesar 9,1220 m.deg, e 0o – 40o sebesar 15,6091 m.deg, e 30o – 40o sebesar 6,4871 m.deg, GZ 30o sebesar 0,664 meter, Ѳ Max sebesar 33,6 deg, GMo sebesar 1 meter, pass crowd sebesar 3,3 deg, turning angle 0,9 deg. Nilai dari analisis stabilitas tersebut memenuhi semua kriteria di regulasi Intact Stability (IS) Code Reg. III/3.1. Desain kapal pada penelitian ini berupa rencana garis (lines plan), rancangan umum (general arrangement), perencanaan keselamatan (safety and fire plan), desain interior, dan desain 3 dimensi.en_US
dc.description.sponsorshipDosen Pembimbing Utama : Rudianto., S. T., M.T. Dosen Pembimbing Anggota : Wazirotus Sakinah,. S. Pd., M. T.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Tekniken_US
dc.subjectDesain Kapal Ro-Ro (Roll On–Roll Off)en_US
dc.subjectSarana Transportasien_US
dc.subjectPenyeberangan Ketapang – Gilimanuken_US
dc.titleDesain Kapal Ro-Ro (Roll On-Roll Off) sebagai Sarana Transportasi Penyeberangan Ketapang - Gilimanuken_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiTeknik Konstruksi Perkapalanen_US
dc.identifier.pembimbing1Rudianto, S.T., M.T.en_US
dc.identifier.pembimbing2Wazirotus Sakinah, S.Pd., M.T.en_US
dc.identifier.validatorKacung- 7 Juli 2023en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record