Pengaruh Dana BPUM, Human Capital, dan Digital Marketing Terhadap Kinerja UMKM (Studi pada Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah di Kabupaten Malang)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya wabah Covid-19 sejak tahun
2020 yang mempengaruhi berbagai sektor perekonomian termasuk UMKM.
Bertujuan untuk meningkatkan kinerja UMKM, pemerintah mengeluarkan
beberapa kebijakan salah satunya yaitu dengan memberikan Bantuan Produktif
Usaha Mikro (BPUM) kepada pelaku usaha yang sesuai kriteria. Adanya
fenomena Covid-19 dan pemberian BPUM menjadi latar belakang peneliti
melakukan penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh
pemberian dana BPUM serta faktor lain (human capital dan digital marketing)
terhadap kinerja UMKM di Kabupaten Malang. Sampel yang digunakan pada
penelitian ini merupakan pelaku UMKM Kabupaten Malang yang menerima
BPUM sekaligus menggunakan digital marketing dalam kegiatan operasional
usahanya. Jumlah responden yang digunakan dalam penelitian sebanyak 103
responden yang terdiri dari pelaku usaha masing-masing kecamatan di Kabupaten
Malang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan data
primer berupa kuesioner yang di sebarkan menggunakan google form secara
langsung kpelaku usaha yang memenuhi kriteria. Metode analisis yang digunakan
dalam penelitian yaitu analisis regresi berganda dengan menggunakan program
Statistical Package for the Social Sciences (SPSS) versi 22. Hasil penelitian yang
didapatkan menunjukkan bahwa variabel dana BPUM dan digital marketing
berpengaruh signifikan terhadap kinerja UMKM sedangkan variabel human
capital berpengaruh tidak signifikan terhadap kinerja UMKM di Kabupaten
Malang.