Perancangan Prototipe Aplikasi Berbasis Game untuk Rehabilitasi Pasien Pasca Stroke Menggunakan Metode Five Planes
Abstract
Masalah psikososial seperti kebosanan pada pasien rehabilitasi stroke dapat mempengaruhi proses terapi latihan sehingga berdampak pada durasi pemulihan pasien. Penelitian ini bertujuan untuk membuat rancangan desain UI/UX aplikasi berbasis game yang berguna sebagai sarana rehabilitasi pasien pasca stroke. Metode perancangan yang digunakan adalah Five Planes yang terdiri atas Strategy Plane, Scope Plane, Structure Plane, Skeleton Plane, dan Surface Plane. Penggunaan metode Five Planes menghasilkan prototipe game genggam bola yang akan digunakan oleh pasien dengan alat navigasi berupa robot tangan. Setelah prototipe selesai dibuat, maka perlu dilakukan pengujian untuk menyesuaikan desain dengan kebutuhan pengguna. Metode pengujian yang dilakukan adalah Usability Testing dengan SUS (System Usability Scale) melibatkan lima (5) partisipan yakni developer, terapis, dan pasien pasca stroke. Hasil dari Usability Testing adalah kebanyakan partisipan merasa nyaman dengan tampilannya kemudian beberapa partisipan menyarankan penambahan serta penyesuaian fitur seperti level kesulitan yang lebih beragam dan jenis latihan untuk otot jari tangan. Adapun partisipan dari pasien stroke merasa masih membutuhkan bantuan terapis untuk dapat memainkan dan terbiasa dengan permainan. Formulir SUS telah diisi oleh partisipan dan setelah data diolah dihasilkan skor akhir SUS sebesar 71,5 yang jika dilihat pada skala penerimaan adalah Acceptable atau dapat diterima dan diinterpretasikan dalam adjective rating dengan Excellent. Penelitian ini memberikan hasil yang memuaskan jika dilihat dari hasil akhir pengujian, namun masih perlu pengembangan lagi khususnya pada integrasi antara prototipe dan perangkat navigasi.