Interaksi Komunikasi Antara Penjual dan Pembeli dalam Transaksi Jual beli Barang Konsumsi di Pasar Umum Besuki 1 Kabupaten Situbondo: Suatu Tinjauan Etnografi Komunikasi
Abstract
Pasar Umum Besuki merupakan salah satu tempat bertemunya penjual dan
pembeli dalam aktivitas jual-beli segala kebutuhan pokok dan sembako dengan
sistem tawar-menawar yang terletak di Kecamatan Besuki, Kabupaten Situbondo.
Penelitian ini terfokus pada kegiatan penjual yang menjual berbagai macam
kebutuhan konsumsi seperti ikan, sayuran, dan sembako. Penjual dan pembeli
sebagai pelaku dalam aktvitas transaksi yang diteliti merupakan masyarakat
madura dengan penggunaan komunikasi bahasa Madura sehari-hari. Tujuan
penelitian ini yaitu untuk menggali dan mendeskripsikan interaksi komunikasi
antara penjual dengan pembeli.
Data penelitian ini berupa teks percakapan, konteks, motif subjektif dari
interaksi komunikasi, dan dokumentasi sebagai data pendukung penelitian terkait
aktivitas yang ada di Pasar Umum Besuki 1. Penelitian ini menggunakan dua
tahap penelitian yaitu, pengumpulan data dan analisis data. Proses pengumpulan
data dalam penelitian ini menggunakan tiga teknik yaitu, observasi partisipan,
wawancara mendalam, dan dokumentasi. Tahapan analisis data dalam penelitian
ini ada empat yaitu, analisis domain, taksonomi, komponensial, dan tema budaya.
Pola interaksi komunikasi antara penjual dengan pembeli pada penelitian
ini memiliki tiga jenis yaitu (1) interaksi komunikasi antara penjual dengan
pembeli dalam layanan jual-beli ikan; (2) interaksi komunikasi antara penjual
dengan pembeli dalam layanan jual-beli sayur; (3) interaksi komunikasi antara
penjual dengan pembeli dalam layanan jual-beli sembako. Hasil penelitian ini
menunjukkan adanya interaksi komunikasi antara penjual dengan pembeli yang
membentuk pola yang berbeda, yaitu penggunaan bahasa Madura sehari-hari,
yakni bahasa Madura. Penggunaan bahasa dalam berkomunikasi yakni bahasa
yang santai dan tidak formal. Sikap dan perilaku penjual yakni sopan, terbuka,
tanggap dan bertanggung jawab. Pola komunikasi yang terbentuk pada layanan di
Pasar Umum Besuki 1 Situbondo, yakni dialogis.
Pola komunikasi dialogis digunakan oleh penjual dengan pembeli saling
memberi aksi umpan balik. Aksi umpan balik dilakukan saat pembeli melakukan
pemesanan dan penawaran dari kebutuhan yang dibelinya. Pada saat interaksi
komunikasi berlangsung, penjual tetap mendominasi percakapan karena
pentingnya penjual sebagai peran utama yang memberikan layanan kepada
pembeli. Komunikasi yang terjadi membentuk fungsi direktif, asertif dan
ekspresif. Fungsi direktif berupa tuturan meminta, memberikan saran, menyuruh
atau memerintah. Tujuan dari fungsi direktif ini untuk meminta lawan tutur
melakukan sesuatu yang berupa tindakan dengan mengahasilkan efek terhadap
tuturan yang disampaikan tersebut. Fungsi asertif berupa tuturan memberikan
pernyataan atau sebuah informasi kepada pembeli. Tuturan tersebut bertujuan
untuk memberikan atau menyampaikan sebuah informasi yang berkaitan dengan
kebeneran dari pesan yang dituturkan. Pola urutan dan struktur informasi secara
garis besar memiliki aspek utama yakni pertanyaan dan pemesanan barang,
penawaran barang, konfirmasi, transaksi dan penutup. Fungsi ekspresif berupa
tuturan yang mengkritik, terima kasih, mengeluh dan memuji.
Berdasarkan keseluruhan interaksi komunikasi yang terjadi merupakan
bentuk representasi dari budaya yang ada di Pasar Umum Besuki 1 Situbondo.
Tema budaya yang terkandung dalam interaksi komunikasi antara penjual dengan
pembeli adalah sikap terbuka, jujur dan ramah. Hal tersebut menjadi kunci
keberhasilan dalam layanan jual-beli di Pasar Umum Besuki 1 Situbondo.
Collections
Related items
Showing items related by title, author, creator and subject.
-
POLA KOMUNIKASI ANTARA HOST DAN BINTANG TAMU DALAM ACARA TALK SHOW KICK ANDY DI METRO TV (KAJIAN ETNOGRAFI KOMUNIKASI)
Anisyaul Faizah (2014-01-23)Komunikasi merupakan suatu jembatan yang menghubungkan manusia satu dengan manusia lainnya dalam berinteraksi. Saat ini banyak media massa yang menyajikan acara yang berhubungan dengan komunikasi dan dikemas dalam sebuah ... -
POLA KOMUNIKASI ANTARA HOST DAN BINTANG TAMU DALAM ACARA TALK SHOW KICK ANDY DI METRO TV (KAJIAN ETNOGRAFI KOMUNIKASI)
Anisyaul Faizah (2014-01-23)Komunikasi merupakan suatu jembatan yang menghubungkan manusia satu dengan manusia lainnya dalam berinteraksi. Saat ini banyak media massa yang menyajikan acara yang berhubungan dengan komunikasi dan dikemas dalam sebuah ... -
POLA-POLA KOMUNIKASI ANTARA PENJUAL DAN PEMBELI DI PASAR KALIPAIT KECAMATAN TEGALDLIMO KABUPATEN BANYUWANGI (SUATU TINJAUAN ETNOGRAFI KOMUNIKASI)
Wibowo, Reta Puspita (2015-12-03)Pola-pola Komunikasi antara Penjual dan Pembeli di Pasar Kalipait, Kecamatan Tegaldlimo, Kabupaten Banyuwangi: Suatu Tinjauan Etnografi Komunikasi; Reta Puspita Wibowo; 100110201063; 2015; 157 halaman; Jurusan Sastra ...