Analisis Industri Batik di Kabupaten Jember (Pendekatan Struktur-Perilaku-Kinerja)
Abstract
Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan potensi perluasan kerja guna mengatasi pengangguran dan kemiskinan. Potensi pengembangan dalam hal penciptaan kesempatan kerja dalam bentuk kerja mandiri, usaha mikro, atau usaha kecil. Ada empat alasan yang menjelaskan posisi strategis UMKM, yaitu aspek permodalan, aspek tenaga kerja, aspek lokasi dan aspek ketahanan. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis struktur, perilaku dan kinerja industri dari Batik tulis serta menganalisis pengaruh pangsa pasar perusahaan (Market Share/MS), Rasio Modal (Capital to Labour Ratio/CLR), dan X-effisiensi terhadap keuntungan (Price Cost Margin/PCM) industri Batik tulis di Kabupaten Jember. Penelitian ini merupakan studi kasus (case study) menggunakan metode penelitian kuantitatif data primer. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara, kuesioner dan metode dokumentasi. Hasil perhitungan uji hipotesis menggunakan analisis regresi linear berganda menunjukkan nilai signifikansi (sig) atau nilai probabilitas Anova adalah sebesar 0,009 dimana nilainya kurang dari 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima dengan kata lain pangsa pasar, Rasio modal, dan Ex-efisiensi secara simultan berpengaruh terhadap keuntungan. Sedangkan nilai signifikansi Ex-efisiensi = 0,004 lebih kecil dari 0.05 yang berarti H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga dalam hal ini dapat disimpulkan bahwa Ex-efisiensi berpengaruh terhadap keuntungan.