Prosedur Pelayanan Tabungan Emas pada PT Pegadaian (Persero) Cabang Pusat Genteng
Abstract
PT Pegadaian (Persero) memiliki beberapa pelayanan yang bisa dipilih oleh
calon nasabah, antara lain layanan gadai emas, gadai non emas, gadai
kendaraan, gadai tabungan emas, gadai angsuran emas, gadai emas syariah,
gadai emas non syarian, gadai kendaraan syariah, dan lain lain. Nasabah
diberikan kemudahan dalam mendapatkan pelayanan di PT Pegadaian
(Persero), yaitu dengan mendatangi langsung kantor cabang terdekat atau
melalui aplikasi Pegadaian Digital Service (PDS) yang bisa di download
melalui playstore atau appstore. Selama mengikuti kegiatan Praktik Kerja Nyata di PT Pegadaian (Persero)
Cabang Pusat Genteng, penulis diberikan tanggungjawab untuk melayani
nasabah yang ingin membuka rekening tabungan emas, melayani nasabah
yang ingin menabung atau melakukan penarikan emas, melayani
perpanjangan angsuran gadai melalui aplikasi PDS, dan juga membantu
dalam pencatatan adminitrasi nasabah yang ingin mengajukan gadai. Permasalah yang dihadapi penulis selama mengikuti kegiatan Praktik Kerja
Nyata di PT Pegadaian (Persero) Cabang Pusat Genteng Banyuwangi yaitu,
perlu kesabaran yang lebih dalam melayani nasabah untuk menggunakan
aplikasi PDS dan ada beberapa berkas persyaratan yang dibawa calon
nasabah yang kurang lengkap. Dengan adanya permasalah tersebut, penulis
mencoba untuk memberikan solusi berupa pemahaman yang perlu dipelajari
tentang bagaimana cara memberikan pelayanan yang baik kepada nasabah
dan juga membantu nasabah dalam pengecekan kelengkapan berkas
persyaratan sebelum nasabah melakukan pendaftaran pembukaan rekening.
Collections
- DP-Company Management [469]