Show simple item record

dc.contributor.authorAZIZAH, Nuha Aliyah Nur
dc.date.accessioned2023-08-07T08:21:26Z
dc.date.available2023-08-07T08:21:26Z
dc.date.issued2023-05-24
dc.identifier.nim192310101057en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/117504
dc.descriptionvalidasi_repo_firli_juli_2023_14en_US
dc.description.abstractMahasiswa yang menjalani pendidikan akademik tentunya akan dibebankan pada tugas-tugas yang disusun untuk memenuhi pencapaian kompetensi mahasiswa. Masa dan beban belajar program pendidikan paling lama tujuh tahun akademik untuk program sarjana dengan beban belajar mahasiswa paling sedikit 144 Satuan Kredit Semester (SKS). Hal ini juga berlaku bagi mahasiswa keperawatan yang mengikuti setiap kegiatan akademik. Selain itu, mereka berpartisipasi dalam praktik dan observasi klinis, menulis laporan pengamatan, menyelesaikan tugas kuliah harian, dan melakukan sejumlah hal lain di luar kegiatan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan efikasi diri dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa keperawatan Universitas Jember. Desain penelitian yang digunakan adalah observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Teknik sampling dalam penelitian ini menggunakan proportionate stratified random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 229 mahasiswa keperawatan angkatan 2020, 2021, dan 2022. Pengumpulan data menggunakan kuesioner General Self Efficacy Scale (GSES) untuk mengukur efikasi diri dan Procrastination Assessment Student Scale (PASS) untuk mengukur prokrastinasi akademik pada mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lebih dari setengah responden memiliki tingkat efikasi diri tinggi yaitu sebanyak 125 responden (54,6%) dan sisanya memiliki efikasi diri rendah sebanyak 104 responden (45,4%). Sedangkan prokrastinasi akademik pada mahasiswa ditemukan lebih dari setengah responden yaitu 118 responden (51,5%) pada kategori rendah dan sisanya sebanyak 111 responden (48,5%) pada kategori prokrastinasi akademik tinggi. Hasil analisis bivariat menggunakan uji korelasi Spearman rank didapatkan nilai p-value = 0,073 dengan taraf signifikansi 0,05, maka p > α. Nilai tersebut menunjukkan bahwa hipotesis alternatif (Ha) ditolak, yaitu tidak terdapat hubungan antara efikasi diri dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa program sarjana keperawatan Universitas Jember. Kesimpulan dari penelitian ini adalah tidak terdapat hubungan antara efikasi diri dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa program sarjana keperawatan Universitas Jember. Peneliti berasumsi bahwa tidak ada hubungan yang signifikan antara efikasi diri dengan prokrastinasi akademik diakibatkan karena selisih pada masing-masing kategori tidak terpaut jauh. Perlu adanya evaluasi dari mahasiswa terkait jadwal belajar, mengerjakan tugas dan kegiatan lain diluar akademik.en_US
dc.description.sponsorshipDosen Pembimbing Utama : Ns. Retno Purwandari, S.Kep., M.Kep Dosen Pembimbing Anggota : Ns. Kholid Rosyidi M. Nur, S.Kep., MNSen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keperawatanen_US
dc.subjectEFIKASI DIRIen_US
dc.subjectPROKRASTINASI AKADEMIKen_US
dc.subjectGENERAL SELF EFFICACY SCALEen_US
dc.titleHubungan Efikasi Diri dengan Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa Program Sarjana Keperawatan Universitas Jemberen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiIlmu Keperawatanen_US
dc.identifier.pembimbing1Ns. Retno Purwandari, S.Kep., M.Kepen_US
dc.identifier.pembimbing2Ns. Kholid Rosyidi Muhammad Nur, S.Kep., MNSen_US
dc.identifier.validatorvalidasi_repo_firli_juli_2023_14en_US
dc.identifier.finalization0a67b73d_2023_08_tanggal 07en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record