Pengaruh Pelayanan, Promosi, dan Lokasi Terhadap Minat Beli Nasabah pada Produk Tabungan Haji (Studi pada Pegadaian Syariah Kabupaten Situbondo)
Abstract
Tabungan Haji atau yang dikenal dengan Arrum Haji merupakan salah satu produk dari PT Pegadaian Syariah Cabang Situbondo. Arrum Haji ini memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk menunaikan rukun islam yang kelima, produk Arrum Haji pertama kali diperkenalkan pada tahun 2016. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh pelayanan (X1), promosi (X2), dan lokasi (X3) terhadap minat beli nasabah pada PT Pegadaian Syariah Cabang Situbondo. Sampel dalam penelitian ini adalah 97 responden yang merupakan nasabah pada PT Pegadaian Syariah Cabang Situbondo. Teknik sampling yang digunakan yaitu simple random sampling. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel pelayanan (X1), promosi (X2), dan lokasi (X3) berpengaruh secara positif terhadap minat beli nasabah pada produk Tabungan Haji di PT Pegadaian Syariah Cabang Situbondo.