Show simple item record

dc.contributor.authorKristian Suhartadi Widi Nugraha
dc.date.accessioned2013-12-24T00:51:11Z
dc.date.available2013-12-24T00:51:11Z
dc.date.issued2013-12-24
dc.identifier.nimNIM040810201031
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/11726
dc.description.abstractStrategi merupakan alat dan cara untuk mencapai tujuan dan memenangkan sesuatu dengan optimaslisasi sumber daya yang ada. Strategi dapat dilakukan dengan maksimal jika perusahaan mampu dan jeli melihat dan menilai lingkungan internal dan eksternal. Penggunaan strategi merata pada semua aspek termasuk sektor pariwisata sebagai bagian dari usaha jasa. Pariwisata sebagai usaha jasa juga menghadapi dua besaran lingkungan yaitu lingkungan internal yang terdiri dari kekuatan dan kelemahan serta lingkungan eksternal yang berisi peluang dan ancaman sehingga langkah awal perusahaan adalah menemukan konsep tentang meramu kekuatan dan peluang dengan berusaha mengatur kelemahan dan ancaman yang dihadapi perusahaan berbagai sektor. Mengingat munculnya strategi karena adanya keterbatasan perusahaan dalam mencapai tujuan maka perusahaan berusaha semaksimal mungkin menghasilkan rumusan strategi yang terpercaya. Penelitian ini mengambil tema strategi pada sektor pariwisata dengan judul “Strategi Pengembangan Wisata Agro pada PT. Perkebunan Nusantara XII (Persero) Kebun Wonosari Malang”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi lingkungan internal dan eksternal serta menganalisis alternatif strategi pengembangan dan merumuskan strategi pengembangan. Populasi dari penelitian ini adalah semua karyawan bagian wisata agro secara umum dari internal dan semua pengunjung wisata agro Wonosari dari eksternal dengan sampel sebanyak 70 orang dengan pembagian 35 responden dari internal dan 35 responden dari eksternal. Metode analisis yang digunakan dengan SWOT (Strenght, Weakness, Opportunity and Threats) dengan kombinasi matrik IFAS (Internal Strategic Analysis Summary), EFAS (Eksternal Strategic Analysis Summary) dan matrik Internal Eksternal serta memakai Kerangka Kerja Empat Langkah sebagai penjelas langkah yang diambil. Simpulan dari penelitian ini adalah wisata agro berada pada posisi strategis yaitu pada posisi dominan kekuatan dan peluang serta berada pada posisi bertumbuh sehingga masih memungkinkan diadakan perbaikan dan pengembangan. Selain itu dalam pengembangan wisata agro Wonosari dapat dirumuskan beberapa strategi atau langkah yang dapat diambil pengelola dalam mengembangan wisata agro salah satunya adalah promosi, pengembangan produk, pengembangan sumber daya manusia dan terbangunnya daya tarik wisata. Saran yang diajukan dalam penelitian ini adalah peningkatan promosi yang berkelanjutan pada semua elemen masyarakat serta pembenahan internal seperti pelatihan karyawan dan pengendalian biaya operasional.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries040810201031;
dc.subjectWisata Agroen_US
dc.titleSTRATEGI PENGEMBANGAN WISATA AGRO PADA PT. PERKEBUNAN NUSANTARA XII (PERSERO) KEBUN WONOSARI MALANGen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record