dc.contributor.author | Fadliansyah, Alfian Nur | |
dc.date.accessioned | 2023-06-06T22:28:36Z | |
dc.date.available | 2023-06-06T22:28:36Z | |
dc.date.issued | 2023-03-09 | |
dc.identifier.nim | 172410101125 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/116640 | |
dc.description | Finalisasi repositori 07 Juni 2023_Kurnadi | en_US |
dc.description.abstract | Pemerintah Kabupaten Banyuwangi merealisasikan Inpres nomor 3 Tahun
2003 dengan mengembangkan e-Government. Wujud pengembangan dari eGovernment di Kabupaten Banywuangi salah satunya adalah diterapkannya
Aplikasi SILAKAN. SILAKAN merupakan singkatan dari Sistem Layanan
Kepegawaian milik Kabupaten Banyuwangi yang dikembangkan oleh Badan
Kepegawaian, Pendidikan, dan Pelatihan Kabupaten Banyuwangi. SILAKAN
adalah aplikasi yang digunakan untuk memudahkan pelayanan bagi ASN seperti
layanan kenaikan pangkat, pemberkasan pns, legalisir dokumen, dan lainnya
sehingga pns tidak perlu datang ke kantor BKPP lagi. SILAKAN mulai digunakan
sejak tahun 2019 dan hanya berbasis aplikasi mobile. Pengguna dari aplikasi
SILAKAN adalah seluruh ASN dilingkungan pemerintahan Kabupaten
Banyuwangi. Pelayanan yang disediakan oleh pemerintah sebaiknya diperhatikan
dan ditingkatkan agar kualitas layanan pemerintah dapat efisien dan transparan.
Salah satu upaya untuk mengembangkan dan memperbaiki layanan adalah
melakukan evaluasi kualitas layanan. Badan Kepegawaian Pendidikan dan
Pelathian (BKPP) Kabupaten Banyuwangi perlu melakukan evaluasi terhadap
kualitas layanan SILAKAN Banyuwangi.
Penelitian ini dilakukan mengevaluasi kualitas layanan SILAKAN
Banyuwangi dengan mengguna metode e-GovQual dan IPA. Evaluasi kualitas
layanan berdasarkan pengguna yakni seluruh ASN yang ada di Kabupaten
Banyuwangi. Hasil evaluasi akan menjelaskan mengenai penilaian kualitas layanan
yang diberikan dan skala prioritas rekomendasi layanan SILAKAN. Dengan adanya
hasil evaluasi dan skala prioritas rekomendasi diharapkan dapat memberikan saran
perbaikan dan pengembangan yang optimal kepada pihak penyedia layanan
SILAKAN Hasil penelitian total nilai kinerja pada seluruh variabel e-GovQual diatas
skor likert 3 yaitu sebesar 3,36. Hal ini menunjukkan bahwa layanan SILAKAN
sudah memiliki kinerja yang baik berdasarkan menurut persepsi pengguna. Namun,
berdasarkan total skor penilaian kepentingan sebesar 3,42, menimbulkan
kesenjangan antara kinerja dan kepentingan sebesar -0,06. Kesenjangan bernilai
negatif menunjukkan bahwa kinerja layanan masih belum memenuhi kepentingan
pengguna. Berdasarkan analisis kesesuaian antara kinerja dan kepentingan
memiliki nilai kesesuaian sebesar 98,23%. Nilai kesesuain dibawah 100% berarti
bahwa kinerja layanan masih belum memenuhi kepentingan pengguna. Jadi bisa
dikatakan secara keseluruhan kinerja layanan SILAKAN sudah baik, namun masih
belum memenuhi kebutuhan pengguna. Analisis kuadran pada metode IPA
menghasilkan skala prioritas perbaikan yang dapat dijadikan acuan bagi Badan
Kepegawaian, Pendidikan, dan Pelatihan Kabupaten Banyuwangi untuk
meningkatkan kualitas layanan. Terdapat 4 atribut yang masuk kedalam kuadran 1
yang berarti mendapatkan prioritas utama untuk dilakukan perbaikan yaitu, situs eGovernment ini berhasil melakukan layanan berdasarkan permintaan pertama
(RB3), situs e-Goverment ini tersedia dan dapat diakses kapan pun anda
membutuhkannya (RB2), data yang diberikan oleh pengguna di situs e-Government
ini diarsipkan dengan aman (TR3), pegawai memberikan balasan secepatnya ke
pertanyaan pengguna (CS2). | en_US |
dc.description.sponsorship | Dosen Pembimbing Utama : Oktalia Juwita S.Kom., M.MT
Dosen Pembimbing Pendamping : Fajrin Nurman Arifin S.T., M.Eng. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Ilmu Komputer | en_US |
dc.subject | Kualitas Layanan SILAKAN | en_US |
dc.subject | Metode E-GovQual | en_US |
dc.subject | Importance Performance Analysis (IPA | en_US |
dc.title | Evaluasi Kualitas Layanan SILAKAN Banyuwangi menggunakan Metode EGovQual dan Importance Performance Analysis (IPA) | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
dc.identifier.prodi | Sistem Informasi | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Oktalia Juwita S.Kom., M.MT | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Fajrin Nurman Arifin S.T., M.Eng. | en_US |
dc.identifier.validator | Kacung-12-Mei-2023 | en_US |