Skala Prioritas Perbaikan Jaringan Distribusi PDAM Kota Pasuruan untuk Menurunkan Kehilangan Air
Abstract
PDAM Tirta Dharma memberikan dampak positif bagi warga sekitar Kota Pasuruan atas kelancaran akses air minum. Permasalahan yang seringkali terjadi pada PDAM Kota Pasuruan yaitu pada segi kehilangan air, mengacu pada data PDAM Kota Pasuruan pada tahun 2021 tingkat kehilangan air yaitu sebesar 25,46%. Salah satu penyebab kehilangan air yaitu terkait kebocoran jaringan distribusi. Oleh karena itu, perbaikan jaringan distribusi merupakan salah satu langkah paling penting untuk mengatasi permasalahan kehilangan air. Tujuan penelitian ini, yaitu menentukan prioritas perbaikan jaringan distribusi PDAM Kota Pasuruan. Metode yang digunakan, yaitu AnaIytic Hierarchy Process (AHP) dengan pengolahan datanya menggunakan software Rstudio. Terdapat 4 kriteria yaitu diameter pipa, jumlah pelanggan, debit pelayanan, dan jumlah titik kebocoran pipa. Jumlah responden AHP sebanyak 7 diantaranya 3 pelanggan PDAM Kota Pasuruan, 3 pegawai PDAM Kota Pasuruan, dan 1 dosen. Berdasarkan hasil analisis AHP urutan prioritas dan besar nilainya dimulai dari Jalur RPD (0,33), Jalur PE (0,23), Jalur Pleret (0,18), Jalur GAE (0,14), dan Jalur Turbin (0,10).
Collections
- UT-Faculty of Engineering [4080]