• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Engineering
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Engineering
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Analisis Dampak Program Rute Pelayaran Baru Pelabuhan Jangkar terhadap Kinerja Lalu Lintas Jl. Raya Pantura Situbondo - Jl. Pelabuhan

    Thumbnail
    View/Open
    191910301151_Brilyan Nur Prihatono_Draft.pdf (1.546Mb)
    Date
    2023-01-11
    Author
    PRIHATONO, Brilyan
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pelabuhan Jangkar adalah salah satu pelabuhan pengangkut barang dan penumpang di Kabupaten Situbondo Jawa Timur. Rencana penambahan rute Jawa-Madura menjadi Jawa-Madura-NTB berpotensi mengakibatkan kinerja lalu lintas disekitaran Pelabuhan Jangkar mengalami peningkatan volume kendaraan. Analisis kinerja lalu lintas diperlukan untuk melihat dampak penambahan rute tersebut terhadap kinerja lalu lintas di sekitar Pelabuhan Jangkar. Analisa dilakukan dengan membandingkan kinerja lalu lintas eksisting dengan kinerja lalu lintas setelah dilakukan simulasi pelayaran menunju Pelabuhan Lembar Nusa Tenggara Barat. Analisis kinerja lalu lintas pada Pelabuhan Jangkar menggunakan metode MKJI (Manual Kapasitas Jalan Indonesia) 1997. Hasil analisa menunjukkan bahwa terdapat peningkatan derajat kejenuhan pada ruas Jl. Pelabuhan sebesar 0,049 (0,3625 menjadi 0,4115), dengan tingkat pelayanan B, pada hari kerja dan sebesar 0,0353 (0,3736 menjadi 0,4089), dengan tingkat pelayanan B, pada akhir pekan. Hasil analisa kinerja lalu lintas simpang bersinyal di Pelabuhan Jangkar pada hari kerja menunjukkan terdapat kenaikan sebesar 0 (0,60 menjadi 0,60) pada pendekat Utara, 0,008 (0,75 menjadi 0,83) pada pendekat Timur, dan 0,24 (0,68 menjadi 0,87) pada pendekat Barat. Hasil analisa kinerja lalu lintas simpang bersinyal di Pelabuhan Jangkar pada akhir pekan tidak ada peningkatan (0,72 menjadi 0,72) pada pendekat Utara, 0,06 (0,83 menjadi 0,89) pada pendekat Timur, dan 0,04 (0,87 menjadi 0,91) pada pendekat Barat. Tingkat pelayanan pada simpang tersebut adalah D pada hari kerja dan D pada hari libur. Dari hasil-hasil analisa tersebut dapat diketahui bahwa adanya penambahan rute baru di Pelabuhan Jangkar dapat menimbulkan adanya potensi antrian Panjang dan hambatan-hambatan yang besar pada lalu lintasnya.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/116414
    Collections
    • UT-Faculty of Engineering [4315]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository