Perancangan Ulang UI/UX Aplikasi Pemasaran Produk UMKM Jember menggunakan Metode Design Thinking
Abstract
Abstrak
Permasalahan yang dialami UMKM di Indonesia yaitu salah satunya di bidang pemasaran, menyikapi hal itu Dinas Koperasi Jember membuat aplikasi bernama Aplikasi Pemasaran Produk Usaha Mikro Kabupaten Jember. Aplikasi ini bertujuan untuk membantu masyarakat dalam memasarkan usahanya secara digital. Dalam penggunaan aplikasi ini terdapat beberapa kendala usability yang membuat pelaku usaha kesusahan dalam menggunakan aplikasi tersebut. dalam melakukan prancagnan ulang aplikasi tersebut digunakan metode design thinking yang mencakup tahapan emphatize, define, ideate, prototype, test. Metode ini dipilih dikarenakan dapat membantu menggali dan menjawab kebutuhan atau permasalahan yang dialami pengguna yang belum terpenuhi dalam aplikasi ini sehingga dapat menciptakan user experience yang baik. Pengujian pada perancangan ulang ini menggunakan metode system usability scale dengan mendapatkan hasil skor 78 yang dimana masuk kedalam kategori acceptability sudah mencapai acceptable, sedangkan grade scale C, dan pada adjective rating sudah termasuk dalam kategori good.