Show simple item record

dc.contributor.authorPRASADAMA, Aurel Jr
dc.date.accessioned2023-05-04T03:51:58Z
dc.date.available2023-05-04T03:51:58Z
dc.date.issued2023-01-09
dc.identifier.nim180810301184en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/115840
dc.description.abstractPenelitian ini berjudul “Pengaruh Biaya Produksi dan Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Terhadap Pendapatan Usaha Petani Tembakau di Desa Sumber Canting Kecamatan Wringin Kabupaten Bondowoso”. Faktor Biaya Produksi dan Bauran Pemasaran (Marketing Mix) merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi pendapatan usaha. Semakin besar biaya produksi yang dikeluarkan semakin besar juga pendapatan yang akan diterima, begitu juga sebaliknya. Selain itu Bauran Pemasaran memiliki peranan penting dalam meningkatkan pendapatan usaha. Semakin luas cakupan bauran pemasaran yang dijalankan maka semakin meningkatkan pendapatan usaha. Tujuan peneliti yaitu (1) Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh secara parsial Biaya Produksi terhadap pendapatan usaha (2) Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh secara parsial Bauran Pemasaran (Marketing Mix) terhadap pendapatan usaha. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian de skriptif, asosiatif dan pengaruh dengan pendekatan kuantitatif. Teknik sampling yang digunakan yaitu sampel acak sederhana. Sedangkan Teknik pengumpulan data yaitu wawancara dan kuesioner. Adapun analisis data yaitu regresi linier berganda menggunakan SPSS version 22. Berdasarkan hasil kuesioner yang diolah menggunakan SPSS version 22 menyimpulkan bahwa secara parsial biaya produksi berpengaruh positif dan signifikan terhadap pendapatan usaha petani tembakau di Desa Sumber Canting terlihat dari nilai sig. Regression Residual untuk X1 Biaya Produksi terhadap Y Pendapatan Usaha sebesar 0,000<0,05 sedangkan nilai t hitung sebesar 30,522 dan t tabel sebesar 2,0195 artinya t hitung>t tabel. Secara parsial Bauran Pemasaran tidak berpengaruh terhadap pendapatan usaha petani tembakau di Desa Sumber Canting terlihat dari nilai sig. Regression Residual untuk X2 Bauran Pemasaran terhadap Y Pendapatan Usaha sebesar 0,898 > 0,05 sedangkan nilai t hitung sebesar 0,130 dan t tabel sebesar 2,0195 artinya t hitung<t tabel. Akan tetapi Bauran Pemasaran memiliki peranan terhadap peningkatan pendapatan usaha hal ini terlihat dari nilai mean untuk bauran pemasaran hasil olah data SPSS sebesar 36,61 yang berarti memiliki kriteria “Baik”.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas ekonomi & bisnisen_US
dc.subjectPENDAPATAN USAHAen_US
dc.subjectBIAYA PRODUKSIen_US
dc.subjectBAURAN PEMASARANen_US
dc.titlePengaruh Biaya Produksi Dan Bauran Pemasaran terhadap Pendapatan Usaha Petani Tembakau di Desa Sumber Canting Kecamatan Wringin Kabupaten Bondowosoen_US
dc.identifier.prodiAkuntansien_US
dc.identifier.pembimbing1Drs. Sudarno, M.Sien_US
dc.identifier.pembimbing2Andriana, S.E., M.Scen_US
dc.identifier.finalizationFinalisasi tanggal 4 Mei 2023_M.Arif Tarchimansyahen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record