dc.description.abstract | Penelitian ini berjudul “Pengaruh Dimensi Kualitas Jasa Terhadap
Kepuasan Konsumen PT. Nuansa Wisata Prima Nusantara Tours & Travel Di
Kota Jember”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui probabilitas
terjadinya kepuasan konsumen PT. Nuansa wisata Prima Nusantara Tours &
Travel di kota Jember yang dapat diprediksi oleh dimensi kualitas jasa yang terdiri
dari variabel keandalan (reliability), ketanggapan (responsiveness), jaminan
(assurance), empati (emphaty) , dan bukti fisik (tangibles) dan untuk mengetahui
pengaruh dimensi kualitas jasa yang terdiri atas variabel keandalan (reliability),
ketanggapan (responsiveness), jaminan (assurance), empati (emphaty) , dan bukti
fisik (tangibles) secara parsial terhadap kepuasan konsumen PT. Nuansa wisata
Prima Nusantara Tours & Travel di kota Jember
Penelitian ini menggunakan data primer (cross section) yang diambil dari
respon kuesioner dan wawancara dengan responden yaitu pihak-pihak yang telah
menggunakan layanan PT. Nuansa Wisata Prima Nusantara Tours & Travel.
Pengambilan sampel dilakukan melalui dua tahap yaitu menentukan sampel
organisasi dimana konsumen bekerja atau terlibat dan menentukan sampel
responden, dimana tehnik pengambilan sampel yang digunakan untuk dua tahap
tersebut adalah Purposive Sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 75
responden. Alat analisis yang digunakan adalah uji instrumen, yaitu uji validitas,
uji reliabilitas, dan dianalisis dengan menggunakan regresi logistik.
Berdasarkan hasil analisis dengan menggunakan regresi logistik diketahui
bahwa probabilitas terjadinya kepuasan konsumen PT. Nuansa wisata Prima
Nusantara Tours & Travel di kota Jember tidak dapat diprediksi oleh dimensi
kualitas jasa yang terdiri dari variabel keandalan (reliability), ketanggapan
(responsiveness), jaminan (assurance), empati (emphaty) , dan bukti fisik
(tangibles) dan Variabel keandalan merupakan variabel yang berpengaruh
terhadap kepuasan konsumen dengan nilai signifikansi sebesar 0,020 lebih kecil
dari kriteria nilai uji parsial yaitu sebesar 0,05, sedangkan variabel daya tanggap,
jaminan,empati, dan bukti fisik mempunyai nilai signifikansi lebih besar dari 0,05
sehingga variabel-variabel tersebut tidak berpengaruh secara parsial terhadap
kepuasan konsumen. | en_US |